MTsN 2 Padang Pariaman Cegah Covid 19 melalui Pesantren Ramadan

MTsN 2 Padang Pariaman Cegah Covid 19 melalui Pesantren Ramadan

Padang Pariaman, Humas- MTsN 2 Padang Pariaman Gelar Pesantren Ramadan sebelum Pelaksanaan Proses PBM. Pesantren Ramadan tahun ini dilaksanakan sangat berbeda dengan pesantren tahun sebelumnya, dimana pada Ramadan kali ini pesantren digelar di halaman madrasah sambil menyambut matahari pagi, Rabu (27/04/2021). Hal ini dilakukan salah satunya untuk pencegahan penularan Covid 19. 

Berbagai literatur menyatakan bahwa vitamin D bermanfaat dalam mengurangi mortalitas akibat pandemi COVID-19. Mengutip laman resmi World Health Organization (WHO), vitamin D dapat diperoleh tubuh dari paparan sinar matahari.

Setiap hari siswa dan guru datang dengan kondisi telah berwudhu' dari rumah masing-masing, sampai di madrasah siswa melaksanakan sholat Dhuha dan melanjutkan bacaan Qur'an di halaman madrasah sebelum pemateri memberikan materi pesantren.

Materi pesantren dititikberatkan kepada penerapan Ilmu Fiqih dan ibadah. Materi juga diiringi dengan praktek langsung oleh Tim Guru. Adapun materi yang disampaikan terkait Wudhu' yang benar, Gerakan sholat yang sesuai Sunnah, Tata cara Masbuq dengan berbagai kondisi, serta cara berpidato dan Adzan.

Siswa sangat antusias terlibat pada kegiatan pesantren tersebut terbukti dengan banyak siswa yang aktif dalam diskusi dan tanyajawab   saat kegiatan berlangsung. Dengan antusiasnya para siswa para gurupun menjadi termotivasi dalam memberikan reward ataupun apresiasi kepada siswa yang aktif dalam kegiatan pesantren.

Kepala MTsN 2 Padang Pariaman, Zaitul Makmur sangat bangga dengan kegiatan pesantren yang telah sukses diakomodir oleh Tim PHBI yang diketuai oleh Misram Yunan tersebut. Disamping itu Zaitul berharap agar kedepannya program keagamaan MTsN 2 Padang Pariaman lebih diaktifkan disetiap perayaan Islam ataupun momentum peringatan. (Risnaoke)