Kepala Kemenag Sawahlunto Imbau Jajaran Madrasah Tingkatkan Disiplin dan Kualitas Kerja

Kepala Kemenag Sawahlunto Imbau Jajaran Madrasah Tingkatkan Disiplin dan Kualitas Kerja
Kepala Kemenag Sawahlunto Imbau Jajaran Madrasah Tingkatkan Disiplin dan Kualitas Kerja

Sawahlunto, Humas--Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto mengimbau jajaran madrasah agar meningkatkan disiplin dan kualitas kerja. Hal itu diungkapkan Pelaksana tugas Kepala Kankemenag Kota Sawahlunto, H. Eri Iswandi saat bertandang ke Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Kota Sawahlunto di Talawi, Kamis (29/4).

Diterima langsung Kepala MIN 2 Sawahlunto, Syafruddin di ruang kerja majelis guru, Eri mengatakan, disiplin dan kualitas kerja merupakan modal dasar dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap madrasah. 

Menurutnya tanpa adanya kedisplinan dan kualitas kerja tidak akan mungkin dapat mewujudkan madrasah hebat bermartabat. 

Didampingi Kasi Pais, Yusmanto, Eri juga menanyakan sejauh mana kesiapan MIN dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)  sekaligus sarana pendukung Proses Belajar Mengajar (PBM). 

Menanggapi itu, Kepala MIN 2 Sawahlunto, Syafruddin mengemukakan, dirinya bersama jajaran telah menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan PPDB. Hanya saja kata dia, keterbatasan ruang belajar masih menjadi kendala utama sehingga jumlah siswa yang akan diterima terpaksa dibatasi seperti tahun ajaran sebelumnya. 

"Alhamdulillah belum lama ini sudah dibangun lokal baru namun masih kurang dan kemaren kami sudah mendapatkan pula dibelakang madrasah ini sebidang tanah untuk lokasi penambahan lokal namun sayangnya sertifikat tanah belum atas nama kementerian agama," ujar Syafruddin. 

Menyangkut kualitas sebutnya, MIN telah melakukan beberapa terobosan termasuk menampilkan kemampuan siswa menyampaikan tausiyah dihadapan jemaah salat tarawih baru-baru ini dan masih berlangsung sampai sekarang. 

"Alhamdulillah turba ramadan bersama siswa diberbagai masjid dan musalla mendapat respon positif dari masyarakat,"pungkasnya. 

Selain itu, perhatian tokoh masyarakat terhadap MIN sambung Syafruddin sangat tinggi sekali, terbukti salah seorang pemuka warga Talawi berkenan membantu biaya sertifikat tanah madrasah.

"Untuk menarik simpati masyarakat, kami juga menggerakkan kegiatan jumat berkah secara rutin, khusus bulan ramadhan ini bagi-bagi takjil kepada warga," ulasnya. 

Menutup pertemuan, Syafruddin meminta saran dan dukungan Kepala Kankemenag memajukan madrasah lebih baik dan lebih baik di madrasah. 

Diakhir kunjungan, Plt. Kepala Kankemenag Sawahlunto menyempatkan diri melihat secara langsung keadaan ruang belajar, tak terkecuali lokasi tanah baru yang dipergunakan untuk pembangunan RKB. (f@hmi)