Sukseskan PMPZI, Disdukcapil Sharing ke Kemenag Kota Padang Panjang

Sukseskan PMPZI, Disdukcapil Sharing ke Kemenag Kota Padang Panjang
Sukseskan PMPZI, Disdukcapil Sharing ke Kemenag Kota Padang Panjang

Padangpanjang, humas--  Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang sambut kedatangan tim Disdukcapil dan PTSP Pemko Padangpanjang pada Senin (3/5). Bertempat di ruang kerja Kakankemenag, H. Gusman Piliang menjelaskan tahapan ZI lembaga berlogo ikhlas beramal serta sampaikan bahwa Kemenag baru selesai Penilaian Tim Internal oleh Inspektorat Jenderal .

Lebih lanjut, kegiatan sharing dilanjutkan di aula Kemenag. H. Bustami Kasubbag TU bersama tiap koordinator area menjelaskan Evidence dan data dukung dalam PMPZI Kemenag. Endang Sriyani menjelaskan area perubahan, dilanjutkan oleh H. Suarman Koordinator area pengawasan dan Editiawarman Koordinator area layanan publik.

Fryta Nery Putri Zam turut paparkan area akuntabilitas dan pengembangan SDM. Pertanyaan dan diskusi pun berlangsung. Mulai dari program kerja dan rencana aksi agen perubahan yang di upload pada sistem.  Endang Sriyani menjelaskan rangkaian program agen perubahan beserta rencana aksinya serta proses upload dokumen yang berkesinambungan.

Dijelaskan oleh Riri, PMPZI mempunyai dua komponen penilai yaitu, komponen proses, bernilai 60% dan komponen hasil, bernilai 40%. Komponen proses mempunyai 6 aspek, (1) manajemen perubahan; (2) penataan tatalaksana; (3) penataan sistem manajemen SDM; (4) penguatan akuntabilitas kinerja; (5) penguatan penngawasan; dan (6) penguatan kualitas pelayanan publik. Sedangkan komponen hasil menyangkut, (1) pemerintahan bersih dan bebas KKN; dan (2) peningkatan kualitas pelayanan publik. 

Taufik sekretaris Disdukcapil apresiasi atas kesediaan Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang dalam sharing Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas. " Hal ini membuka cakrawala kami tentang Zona Integritas dan hal apa yang akan dilakukan selanjutnya, terima kasih ujar Sekretaris Disdukcapil.  (emie)