ASN MTsN 1 Kota Pariaman Ikuti Sosialisasi dan Evaluasi Penerapan SE Kemenag No 03 dan 04

ASN MTsN 1 Kota Pariaman Ikuti Sosialisasi dan Evaluasi Penerapan SE Kemenag No 03 dan 04

Pariaman, Humas-- Semua Aparatur Sipil Negara (ASN) MTsN 1 Kota Pariaman mengikuti kegiatan sosialisasi sekaligus evaluasi penerapan Surat Edaran (SE) Kementerian Agama RI nomor 03 dan 04 tentang panduan ibadah Ramadan dan Idul Fitri. Evaluasi yang dilakukan oleh Kantor Kementarian Agama Kota Pariaman ini dilaksanakan pada hari Selasa (04/05) di MTsN 1 Kota Pariaman.

Sosialisasi dan evaluasi ini dipimpin oleh Kasubag TU Kankemeng Kota Pariaman, Zahardi bersama Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Sukmurdianto, dan pengawas, Syaiful Azhar. SE ini bertujuan untuk memberikan panduan beribadah yang sejalan dengan protokol kesehatan sekaligus untuk mencegah dan mengurangi pemyebaran serta melindungi masyarakat dari risiko covid 19.

Dalam SE ini seluruh umat Muslim yang melaksanakan ibadah Ramadan dan Idul Fitri harus mematuhi protokol kesehatan. Seluruh ASN Kementerian Agama ditugaskan untuk memantau dan mengingatkan pengurus masjid/ musala dan masyarakat yang berada di lingkungan tempat tinggalnya untuk mematuhi protokol kesehatan tersebut dalam melaksanakan ibadah di bulan Ramadan dan Idul Fitri.

Untuk MTsN 1 Kota Pariaman, SE ini sudah disosialisasikan oleh Kepala Madrasah, Nur Eliwati dalam rapat dinas sebelum libur awal Ramadan pada hari Sabtu (10/04). Ia menugaskan seluruh ASN MTsN 1 Kota Pariaman untuk memantau dan mengingatkan pelaksanaan SE tersebut. Masing-masing ASN tersebut juga nantinya akan diminta laporan pelaksanaan tugas tersebut secara tertulis.

Zahardi menjelaskan bahwa sebagai ASN Kemenag kita harus menjadi contoh dan memantau pelaksanaan serta menyampaikan SE ini kepada masyarakat. “Semua kegiatan bisa kita laksanakan asalkan memenuhi ptotokol kesehatan dan isinya maksimal hanya 50% dari kapasitas ruangan, seperti salat tarwih, buka bersama, salat Idul Fitri, dll. Jangan ada ASN Kementarian Agama yang melanggar SE ini! Sebagai ASN kita harus patuh kepada pimpinan dan mengikuti semua aturan dan tugas yang diamanahkan oleh pimpinan. Mudah-mudahan ini bisa kita laksanakan dengan baik dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang SE ini. Kita juga bisa memberikan foto kopi SE ini kepada pengurus masjid/ musala tempat kita tinggal masing-masing sehingga masyarakat lebih memahaminya. Terima kasih kepada MTsN 1 Kota Pariaman yang sudah melaksanakan SE ini. Mudahan-mudahan ibadah kita di bulan Ramadan ini diterima oleh Allah Swt.,” ungkapnya mengakhiri pembicaraan.

Kepala MTsN 1 Kota Pariaman, Nur Eliwati, merasa senang dan bangga atas kunjungan dari Tim kankemenag serat mengucapkan terima kasih atas sosialisasi dan evaluasi dari Kasubag dan timnya. “Alhamdulilah kami di MTsN 1 Kota Pariaman sudah menerapkan SE ini dengan disiplin, baik secara langsung maupun mensosialisasikan melalui baliho dan famplet serta menyampaikan dengan pengeras setiap hari kepada warga madrasah. Mari kita sepakat terus menjaga disiplin protokol kesehatan ini.

Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab dari guru dan pegawai kepada Kasubag dan rombongan tentang hal-hal yang dirasa perlu terkait urusan kedinasan. Setiap rangkaian kegiatan yang dilakukan selalu mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 5M. (Delsi/ Maisa)