Guru MTsN 1 Kota Pariaman Rakit Soal PAS Genap

Guru MTsN 1 Kota Pariaman Rakit Soal PAS Genap

Pariaman, Humas-- Seluruh Guru MTsN 1 Kota Pariaman yang mengajar di kelas VII dan VIII ditugaskan untuk merakit soal penilaian akhir semester (PAS) PAS genap. Kegiatan ini lebih diintensifkan pada hari Senin--Rabu (03-05/05) di madrasah.

Perakitan soal ini dimulai dari penyusunan kisi-kisi soal sesuai dengan materi yang diajarkan yang terdapat dalam silabus. Setelah itu dilanjutkan dengan perakitan soal berdasarkan kisi-kisi yang telah dibuat. Terakhir penyebaran kunci yang sesuai dengan rumus yang telah dipelajari sebelumnya.

Perakitan soal secara mandiri ini sudah dimulai sejak PAS ganjil tahun pelajaran 2020/ 2021. Tidak hanya soal PAS, soal ujian akhir madrasah (UM) juga dirakit secara mandiri oleh madrasah masing-masing.

Kalau tahun-tahun sebelumnya, madrasah dan guru hanya tinggal melaksanakan PAS/ UM saja di madrasah masing-masing karena perakitan soal sudah dikoordinir oleh Kelompok Kerja Kepala Madrasah (K3MTs) Sumbar termasuk dalam hal penggandaannya. Namun, untuk tahun ajaran ini, semuanya diserahkan kepada madrasah masing-masing. Hal ini karena guru dianggap mampu menyusun dan merakit soal sendiri.

Kepala MTsN 1 Kota Pariaman, Nur Eliwati, menegaskan kepada seluruh guru dalam pembuatan soal ini berpedoman pada juknis dan kaidah penulisan soal yang sudah dipelajari sebelumnya. “Bentuk soal pilihan ganda 45 butir dan uraian 5 butir, kecuali untuk mata pelajaran matematika, IPA, dan bahasa Arab, pilihan ganda 35 butir dan uraian 5 butir,” jelasnya.

“Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar. Kalau belum siap pada hari terakhir sekolah ini (Rabu, 05/05) boleh Bapak/ Ibu lanjutkan di rumah pada masa liburan akhir Ramadan dan Idul Fitri. Walaupun kita disibukkan dengan urasan pribadi dan keluarga, tugas-tugas kita sebagai guru juga harus disiapkan menjelang sekolah kembali pada tanggal 21 Mei 2021 nantinya. Soal ini sudah bersih sampai pada tim kurikulum pada tanggal 22 Mei 2021. Hal ini mengingat PAS genap yang akan dilaksanakan pada awal Juni 2021. Belum lagi waktu dalam penggandaannya,” pesannya. (Delsi)