Gerakan Jumat Berkah Kini Jadi Tradisi Kemenag Sawahlunto

Gerakan Jumat Berkah Kini Jadi Tradisi Kemenag Sawahlunto
Gerakan Jumat Berkah Kini Jadi Tradisi Kemenag Sawahlunto

Sawahlunto, Humas-Pasca diresmikan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama RI Hj. Eny Yaqut Cholil belum lama ini, Gerakan Jumat Berkah khusus di Kemenag Kota Sawahlunto kini sudah menjadi tradisi setiap minggu. 

Selain di kantor Kemenag, gerakan jumat berkah juga dilakukan secara rutin oleh jajaran madrasah pada semua tingkatan. 

Seperti Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1, 2 dan 3, hampir setiap minggu gerakan mulia tersebut dijalankan. Bahkan dijadikan momentum bagi madrasah untuk memberikan sarapan ringan bagi orang tua siswa yang pertama kali datang ke sekolah mengantarkan anak mereka. 

Apalagi di bulan suci Ramadan, gerakan jumat berkah lebih ditingkatkan menunya, dari snack biasa hingga disempurnakan dengan sebungkus nasi disertai lauk pauk untuk persedian berbuka puasa yang dibagikan kepada  siapa saja yang melewati jalan di depan Kantor Kemenag Kota Sawahlunto. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto, H. Eri Iswandi, Jumat (7/5) berharap tradisi ibadah sosial peduli terhadap sesama tetap dipertahankan dan dilaksanakan, tidak hanya di bulan suci ramadan melainkan juga di bulan-bulan lain. 

Saat ini menurut Eri, suasana pandemi covid-19 mengakibatkan terjadinya penurunan daya beli masyarakat sehingga dibutuhkan uluran tangan bagi kalangan yang mampu untuk membantu warga yang kekurangan. 

Kementerian Agama dengan moto ikhlas beramal sambung dia, harus menyikapi hal itu dengan berbagi terhadap sesama. 

Sementara itu, Ketua DWP Kemenag Sawahlunto Nyonya El Eri Iswandi mengucapkan terimakasih kepada pengurus beserta anggota yang telah berupaya menggerakkan jumat berkah pada setiap satuan/unit kerja masing-masing. (f@hmi)