Tutup Semarak Ramadan, Kakanwil Sebut ASN Kemenag Khatam 4000 Kali

Tutup Semarak Ramadan, Kakanwil Sebut ASN Kemenag Khatam 4000 Kali

Padang, Humas --  Semarak Ramadan yang digagas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat melalui Bidang Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf (Penaiszawa) Kanwil Kemenag Sumbar memasuki babak akhir pada Senin (10/5).

Bertempat di Aula Amal Bhakti I Kanwil, digelar kegiatan Khatam Quran sebagai pertanda berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka menyemarakan bulan suci Ramadan dengan memaksimalkan kegiatan-kegiatan yang bermuatan ibadah.

“Pandemi ini tidak menyurutkan semangat kita, ASN Kemenag Sumbar dalam mengisi Ramadan dengan nilai-nilai ibadah namun tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujar Pelaksana tugas Kabid Penaiszawa mengawali laporannya.

“Sesuai arahan Kakanwil, kita telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk mengisi Ramadan dengan nilai-nilai positif. Diawali dengan Thaharah Masjid (membersihkan masjid) sebagai tanda memasuki bulan suci Ramadan. Lalu dilanjutkan dengan Tadarus secara online (sistem pelaporannya) dan offline yang dijadwalkan setiap hari di Masjid kantor kita ini dengan pelaksana dan pesertanya digilir sehingga target seluruh ASN Kanwil khatam quran di Ramadan tercapai,” jelas Irwan.

Lebih lanjut, Irwan melaporkan, kegiatan tersebut disusun dan dilaksanakan oleh Penyuluh Agama Islam Fungsional Kanwil khususnya Qori dan Qoriah terbaik tingkat Provinsi dan Nasional.

Irwan juga memaparkan bahwa Tadarus juga dilaksanakan bekerjasama dengan Radio Republik Indonesia (RRI) Padang yang biasa dikenal dengan istilah Tadarus diudara yang mana kegiatan tersebut telah ditutup secara resmi kemarin. Selain Tadarus diudara, kita juga melaksanakan cerama diudara setiap sorenya sedangkan di Masjid Kanwil kita laksanakan Kultum setelah dzuhur.

Rangkaian kegiatan yang dilaporkan Plt. Kabid tersebut menuai apresiasi dari Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri termasuk jajaran Kemenag Sumbar di Kab/Kota yang turut serta mengadopsi kegiatan tersebut secara masiv sesuai kearifan lokal.

Dalam sambutannya setelah penyerahan reward kepada peserta terbaik pada masing-masing kegiatan, H. Hendri menyampaikan terimakasihnya kepada seluruh ASN Kemenag Sumbar yang telah mengisi Ramadan dengan hal-hal bermuatan ibadah disamping kerja pokok yang dimiliki.

Dengan adanya program Tadarus tersebut, Kakanwil sebut seluruh ASN Kemenag Sumbar minimal telah khatam satu kali masing-masingnya. Begitu banyak kebaikan dan aura positif yang ditimbulkan dengan kegiatan yang luar biasa tersebut.

“Ada 4624 kali khatam minimal se Sumatra Barat. Jika dikalikan dengan banyaknya huruf Alquran yang kita lafaskan, begitu banyak lafaz kebaikan yang telah kita ucapkan dan semoga itu semua bisa mengampuni dosa kita dan memberikan pahala yang berlipat ganda sehingga menjadikan kita orang yang muttaqin,” harapnya.

Hendri berharap seluruh rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan selama Ramadan menjadi kebiasaan bagi seluruh ASN Kemenag Sumbar.

“Seluruh kegiatan Ramadan yang telah kita laksanakan tetap memperhatikan protokol kesehatan sesuai Surat Edaran dari Menteri Agama tentang Panduan Pelaksanaan Ibadah Ramadan, Idul Fitri dan Imbauan lainnya dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19,” jelas Kakanwil. Vn