Semarak Ramadhan Kankemenag Padang Pariaman, Berbagi Berkah 599 Paket Zakat, MTQ Eksekutif hingga Khatam Qur'an

Semarak Ramadhan Kankemenag Padang Pariaman, Berbagi Berkah 599 Paket Zakat, MTQ Eksekutif hingga Khatam Qur'an
Semarak Ramadhan Kankemenag Padang Pariaman, Berbagi Berkah 599 Paket Zakat, MTQ Eksekutif hingga Khatam Qur'an

Padang Pariaman, Humas -- Puncak Semarak Ramadhan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman berlangsung di Mushalla Al-Mubarak, Senin (10/05/2021) pagi.

 

Dalam laporannya, Kasubag Tata Usaha H. Syafrizal, S.Ag menyampaikan, beragam kegiatan digelar oleh Kankemenag Padang Pariaman selama bulan suci Ramadhan. Kegiatan ini bertajuk, "Semarak Ramadhan Kankemenag Padang Pariaman".

 

"Kita menyambut bulan Ramadhan dengan Thaharah Masjid. Kegiatan ini perdana kita gelar sesuai arahan Kakan Kemenag, H. Helmi. Selain itu, kita juga menggelar rukyatul hilal untuk penentuan 1 Ramadhan," ucap H. Syafrizal mengawali.

 

Ia menjelaskan, selama bulan Ramadhan, ASN Kemenag juga menggelar tadarusan Al-Qur'an bersama usai apel pagi. Selain itu, juga ada program Satu Hari Satu Juz (Sahaju) yang merupakan program resmi dari Kemenag. Sebelum salat Dzuhur, juga dilangsungkan kuliah tujuh menit (kultum) dengan penceramah dari internal Kankemenag Padang Pariaman secara bergilir.

"Selain kegiatan rutin, kita juga menggelar wakaf Al-Qur'an yang Alhamdulillah tersalurkan sebanyak 545 mushaf. Penyaluran sendiri dilakukan saat Safari Ramadhan bersama Bupati dan tahun ini juga untuk pertama kalinya Kankemenag Padang Pariaman menggelar Safari Ramadhan yang menurunkan 4 tim dipimpin oleh pejabat," sambungnya.

 

Lebih lanjut dikatakannya, Kankemenag Padang Pariaman melalui Unit Penyelenggara Zakat (UPZ) juga telah menyalurkan 599 paket zakat dengan total Rp 120 juta kepada siswa/i Madrasah, honorer di lingkungan Kankemenag Padang Pariaman dan warga sekitar. Paket zakat ini berasal dari zakat profesi ASN di lingkungan Kankemenag Padang Pariaman.

 

"Untuk menjaga protokol kesehatan, kegiatan ini kita bagi menjadi 3 tahap penyaluran. Kita juga menggelar MTQ Lansia dan MTQ Eksekutif antar pejabat Kankemenag Padang Pariaman. Selain itu juga ada lomba video dakwah. Hari ini merupakan kegiatan puncak yang ditandai dengan khatam Qur'an dan peringatan Nuzul Qur'an," tandasnya.

 

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, Dr. H. Helmi, M.Ag dalam sambutan dan arahannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan upaya dari jajaran ASN Kankemenag Padang Pariaman dalam memeriahkan dan bergembira menjalani ibadah di bulan Ramadhan. Katanya, kegiatan ini juga sejalan dengan mewujudkan Visi Kemenag RI periode 2020-2024 yaitu Kementerian Agama yang profesional dan handal dalam membangun masyarakat yang shaleh, moderat, cerdas dan unggul untuk mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, berkepribadian berdasarkan gotong royong.

 

"Kami mengapresiasi kegiatan Semarak Ramadhan ini. Sesuai laporan Kami pada Pak Kanwil, Kankemenag Padang Pariaman merupakan satu-satunya yang menggelar MTQ Lansia dan MTQ Eksekutif di lingkungan Kemenag Sumbar," ujar H. Helmi.

 

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah mensukseskan kegiatan Semarak Ramadhan ini. Katanya, meski dalam suasana pandemi Covid-19, berbagai kegiatan positif dalam menyemarakkan bulan suci Ramadhan tetap terlaksana.

 

"Kegiatan ini sangat bermanfaat. Baik bagi diri kita maupun bagi masyarakat sekitar kita. Kegiatan ini juga wujud eksistensi Kankemenag Padang Pariaman dalam mendekatkan diri dan melayani umat. Dan yang terpenting, semakin mendekatkan kita kepada Allah dan Insya Allah bernilai ibadah," sambung Kakankemenag.

 

Ia berharap, dengan kegiatan ini dapat memperkuat umat. Terutama di masa pandemi ini, sedikit berbagi berkah diharapkan menjadi pelepas dahaga umat yang membutuhkan.

 

"Melalui UPZ kita telah menyalurkan zakat yang digalang dari ASN Kankemenag Padang Pariaman. Jangan dilihat nominalnya, harapannya ini bisa menjadi pelepas dahaga bagi yang membutuhkan. Kita juga berdoa semoga pandemi ini cepat berlalu," pungkasnya.

 

Dalam kegiatan puncak ini, juga dibagikan sejumlah tropi dan hadiah bagi para pemenang lomba MTQ Eksekutif, Lomba Video Dakwah, ASN Pengirim Sahaju terbaik dan Khatam Qur'an terbanyak hingga ASN terbaik dalam kegiatan tadarus. Kegiatan juga diisi dengan tausiyah Nuzul Qur'an dan Doa Khatam Qur'an yang dipimpin Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam, Epi Mayardi. Selain itu juga dilaksanakan zikir dan doa yang dipimpin Kasubag Tata Usaha, H. Syafrizal. (edo)