6 Terbaik Video Lomba Memasak, Ketua DWP: Tidak Mudah Memilih Pemenang  

6 Terbaik Video Lomba Memasak, Ketua DWP: Tidak Mudah Memilih Pemenang  

Padang (humas)- Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenag Sumbar telah mengumumkan para pemenang lomba video memasak Kuliner Khas Minang DWP Kemenag se- Sumbar pada Senin (10/05) siang.

Ketua DWP memberikan apreasiasi terhadap antusiasme para peserta Lomba Video Memasak bertema "Peran Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat Mengelola Kreativitas Wanita dalam Kuliner Khas Minang."

Lomba ini digelar Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenag Sumbar dalam rangka memeriahkan Hari Kartini Tahun 2021.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kakanwil Kemenag Sumbar selaku pembina DWP Kanwil Kemenag Sumbar, seluruh peserta,  Kepala Kankemenag Kabupaten/kota se-Sumbar.

Karena dalam upaya untuk kembali bangkit dari wabah pandemi COVID-19, kita membutuhkan motivasi, kita membutuhkan inspirasi," ujar Bahirni Hendri dalam sambutan.

Kepada peserta lomba video, Ia pun berpesan agar terus berinovasi, berkreasi, dan menjadi inspirasi untuk organisasi perempuan Kemenag, dimanapun berada.  

Namun disisi lain Ketua DWP mengaku, tidak mudah bagi para juri untuk menetapkan para pemenangnya. Di antara mereka bahkan telah terjadi proses penilaian yang sangat apik sebelum mengambil sebuah kesepakatan.

"Karena setiap tim peserta lomba memiliki style yang berbeda dalam videonya dan setiap juri punya penilaian masing-masing. Jadi, sangat alot penilaiannya. Banyak yang bagus-bagus hanya saja ada yang kurang kompak, bahkan tidak tepat waktu dalam pengumpulan video, kurang disiplin ini mengurangi poin,” ujar Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar  sebelum mengumumkan pemenang video lomba memasak.

Selain itu, menurutnya banyak karya-karya yang dinilai berkualitas dan memperkenalkan khas kuliner Minang yang sangat inspiratif. Sangat disayangkan, dari segi penerapan prokes, editing video atau pun penyajian bahan baku maupun hidangan masih kurang. 

Sebaliknya, ada pula karya yang bagus secara keseluruhan. "Kekompakan, penerapan prokes, performance ataupun segi komposisi editing videonya menarik," sebut Perempuan asal Agam ini.

Untuk video lomba memasak, sedikitnya ada empat kriteria yang dinilai, dengan total score 100 persen. Di antaranya terkait dengan kreativitas Resep Masakan dengan score maksimal 30, Kreativitas Penyajian Masakan 20, Kekompakan 20, dan Kreativitas Videografi 30, " lanjutnya lagi.

Sementara, yang menjadi juara utama atau best video dalam lomba video memasak ini adalah DWP Kemenag Kabupaten Tanah Datar. Karena berhasil mencuri perhatian dewan juri dengan karya yang cukup totalitas. 

"Namun yang paling penting, yang kita lihat ini adalah kesempatan untuk para Kartini Kemenag Sumbar baik Kemenag Kabupaten/Kota maupun Bidang, Pembimas dan Sekjen untuk berkarya serta ada kesempatan untuk memperlihatkan kreativitas DWP Kemenag di publik,” tutur Bahirni Hendri.

Pada kenyataannya, peserta lomba baik yang menjadi juara,  ataupun yang hanya menjadi peserta, telah membuktikan bahwa bisa bersemangat, meski lomba diadakan saat menjalani puasa Ramadan, kita telah membuktikannya, sambungnya.

"Kalau nanti ibu ibu diundang datang ke Kanwil untuk memasak resep yang sudah dibuat dalam video, bersedia nggak, kita nikmati bersama sama disini," selorohnya diikuti riuh setuju para hadirin.

Terakhir, Ny. Bahirni Hendri menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang terlibat atas suksesnya acara tersebut.

Karena DWP tidak hanya membuktikan mampu berkontribusi di masa pandemi. Sekaligus telah menjadi inspirasi, motivator, dan menjadi alasan bagi kita semua untuk berkarya lebih baik lagi," ungkapnya memberi spirit.

Sebagai informasi, Lomba Video Memasak Kuliner Khas Minang DWP Kemenag se-Sumbar diikuti oleh 25 peserta. Setelah melalui proses penjurian yang ketat, ditetapkan DWP Kemenag Kabupaten Tanah Datar terpilih sebagai juara I dengan total score 95 . Masing masing jawara memperoleh hadiah berupa uang pembinaan, thropi, bingkisan cantik dan piagam.

Juara 2 digondol DWP Kemenag Kota Bukittinggi dengan total nilai 94,5. Sedangkan terbaik 3 DWP berhasil disabet Kemenag Kep. Mentawai dengan perolehan nilai 93. Selanjutnya untuk Juara Harapan 1 DWP Kemenag Kota Pariaman dengan nilai 92,5  dan Harapan 2 DWP Kanwil Kemenag Sumbar Bidang Penaiszawa dengan total score 92,5. Untuk Harapan 3, diraih DWP Kemenag Kota Solok dengan total nilai 92,5.

Pengumuman pemenang sekaligus Penyerahan hadiah yang dihadiri langsung Kakanwil Hendri, Kabag TU Irwan, jajaran Kabid dan 6 Kemenag Kabupaten/Kota terbaik video memasak ini, merupakan bagian rangkaian acara Semarak Ramadan yang diselenggarakan Bidang Penaiszawa.(vera)