Sekjend Kemenag RI Lantik 108 Prahum, Tujuh dari Sumatera Barat

Sekjend Kemenag RI Lantik 108 Prahum, Tujuh dari Sumatera Barat
Sekjend Kemenag RI Lantik 108 Prahum, Tujuh dari Sumatera Barat

 

Padang, Humas – Sekretaris Jenderal (Sekjend) Kementerian Agama RI, Prof. H. Nizar, Senin (10/5) siang melantik dan mengambil sumpah sebanyak 108 Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk menduduki jabatan fungsional Pranata Humas (Prahum) Kementerian Agama se Indonesia. Dari sejumlah PNS yang dilantik, tujuh orang dari Sumatera Barat.

Ketujuh PNS yang dilantik dan diambil sumpah jabatannya secara virtual di unit kerjanya masing-masing. Dua orang di antaranya, dilantik di aula Kerukunan Umat Beragama (KUB) Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, Padang, yaitu Risna Yanti jadi Prahum di Kanwil, dan Gusmizar untuk Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat.

Lima orang lainnya, Muhammad Yusuf Aunur Sabri, dilantik dan ditempatkan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman, Alfia Farma bersama Harnina di Kantor Kementerian Agama Lima Puluh Kota, Zulhafendi di Kantor Kemeterian Agama Kabupaten Solok, dan Supriadi di Kantor Kementerian Agama Padangpanjang.

Selain Supardi, sebagai Prahum Ahli Pertama, dan enam orang lainnya diangkat menjadi pengisi jabatan Prahum Ahli Muda. Ketika mengikuti uji kompetensi (Ukom) Prahum melalui jalur inpassing atau penyesuaian di aula KH. M. Rasyidi Kementerian Agama RI, Jalan MH. Thamrin Jakarta, 27 Januari 2021 lalu, dari Sumatera Barat berjumlah tujuh orang, dan semuanya lulus.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, diwakili Kabag Tata Usaha, Irwan, dan Analis SDM (Sumber Daya Manusia), Jarmil, juga Plt. Kasubbag Hukum dan KUB Kanwil, usai pelantikan secara virtual itu menyampaikan, Alhamdulillah tahun 2021 ini, tujuh orang PNS Kementerian Agama se Sumatera Barat dinyatakan lulus sebagai Prahum dan hari ini dilantik secara virtual.

Dengan demikian, ulasnya, sumber daya manusia yang akan mengemban sekaligus menjalankan tugas kehumasan di Kementerian Agama se Sumatera Barat, apakah di Kanwil atau kabupaten/kota terus bertambah. Khusus di Kanwil, orang-orang yang berperan sebagai Tim Humas sebanyak lima orang, dan seorang di antaranya sebagai Prahum.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, Hendri, secara terpisah, mengakui, peran humas, untuk merubah citra dan tatanan lembaga ke depan, agar lebih baik, berkualitas dan dihargai di mata publik sangat menentukan. Selain jadi garda terdepan, dalam hal pengembangan informasi, data dengan publikasi kegiatan, Humas juga agen perubahan untuk mengangkat citra dan nama baik lembaga di mata publik.

Secara pribadi dan lembaga, tambah Hendri, dirinya mengucapkan selamat dan sukses kepada tujuh orang PNS Kementerian Agama se Sumatera Barat, yang hari ini (Senin-red), dilantik sekaligus diambil sumpah jabatannya oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Nizar, sehingga peranserta humas dengan sejumlah agendanya ke depan makin berkualitas, dan eksistensi lembaga selalu mendapat tempat di tengah masyarakat. (zar)