Canangkan Gerakan Cinta Zakat, Wako Deri Asta Beri Penghargaan Kemenag Sawahlunto

Canangkan Gerakan Cinta Zakat, Wako Deri Asta Beri Penghargaan Kemenag Sawahlunto
Canangkan Gerakan Cinta Zakat, Wako Deri Asta Beri Penghargaan Kemenag Sawahlunto

Sawahlunto, Humas-Walikota Sawahlunto Deri Asta mencanangkan gerakan nasional cinta zakat di Kantor BAZNAS Kota Sawahlunto, Selasa (11/5).

Gerakan Nasional Cinta Zakat merupakan implementasi Undang-undang Nomor 23 tahun 2011 sekaligus salah satu bentuk dalam memotivasi semua kalangan untuk meningkatkan fungsi BAZNAS di tengah-tengah masyarakat.

Wako Sawahlunto Deri Asta menghimbau semua pihak terkait agar memaksimalkan keberadaan BAZNAS sebagai lembaga resmi yang memiliki kewenangan untuk menghimpun serta mendistribusikan zakat kepada mustahik sesuai syariat. 

Pada kesempatan itu, Wako langsung menyerahkan secara simbolis zakat dari tunjangan hari lebaran ASN dan zakat yang dikeluarkan secara pribadi. 

Selain itu, Wako juga memberikan penghargaan kepada 5 instansi pemerintah, diantaranya Kemenag Kota Sawahlunto yang terbanyak menghimpun zakat dan patuh menyetor zakat melalui BAZNAS.

Penghargaan itu langsung diterima Pelaksana tugas Kepala Kankemenag Sawahlunto Eri Iswandi, disaksikan Wawako Zohirin Sayuti dan Sekdako Sawahlunto Ambun Kadri. 

Disinggung pula, zakat selama ini sebut Wako mayoritas berasal dari ASN. Wako menginginkan para pengusaha hendaknya turut menunaikan zakat melalui BAZNAS. 

Sementara itu, Ketua BAZNAS Kota Sawahlunto, Edrizon mengatakan, saat ini ia bersama jajaran sedang melakukan berbagai terobosan untuk membangkitkan kepercayaan dan kesadaran masyarakat dalam menunaikan zakat.

Diantara hal yang dilakukan yakni membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di masjid dan musalla.

Menyangkut penyaluran zakat oleh para pengusaha sambung Edrizon sudah dilakukan berbagai pendekatan termasuk pengusaha batu bara. 

"Insya Allah siang ini lebih dari 1 Milyar salah seorang pengusaha Sawahlunto akan membayar zakatnya ke BAZNAS," pungkasnya. 

diakhir kegiatan, Wako bersama Kemenag berdiskusi secara khusus dengan pimpinan BAZNAS Sawahlunto membahas pengembangan pengumpulan dan pendistribusian zakat terutama menjelang lebaran idul fitri. (f@hmi)