Dua Pejabat Struktural Kemenag Kota Sawahlunto Beralih Ke Fungsional

Dua Pejabat Struktural Kemenag Kota Sawahlunto Beralih Ke Fungsional
Dua Pejabat Struktural Kemenag Kota Sawahlunto Beralih Ke Fungsional

Sawahlunto, Humas--Dua orang pejabat struktural eselon empat di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto yakni Adrimas (Kasi Bimas Islam) dan Junaidi (Kasi Pendidikan madrasah)beralih jabatan ke fungsional penghulu. 

Kepastian peralihan tersebut dibuktikan dengan keluarnya SK bersangkutan dari Kemenag RI bahkan telah dilantik Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat pada Senin kemaren. 

"Sebenarnya kami sangat berat melepaskannya karena dua pejabat kami yang sudah senior ini tempat bagi kami bertanya," ujar Pelaksana tugas Kepala Kankemenag Kota Sawahlunto, Eri Iswandi pada acara Hantaran tugas penghulu di Aula Kemenag Sawahlunto, Jumat (21/5).

Eri menjelaskan,  perubahan jabatan struktural ke jabatan fungsional penghulu madya secara otomatis turut mempengaruhi usia pensiun kedua mereka dari 58 tahun menjadi 60 tahun. 

"Tunjangan kinerja pun berubah dari jabatan Great 9 menjadi 11,setara Kabag dan Kabid di Kanwil," katanya. 

Selanjutnya Eri mengucapkan selamat kepada kedua mereka dan berharap bisa membuat inovasi baru di Kantor Urusan Agama. 

"KUA itu butuh inovasi guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, saya ingin saudara menciptakan inovasi baru,"pinta Eri, selaku pejabat definitif Kepala Kankemenag Kota Solok. 

"Kendati sudah pindah ke KUA, jangan sampai setelah ini tidak mau datang ke Kantor Kemenag bersilaturahmi," ungkapnya. 

Disamping itu, Ia mengimbau Kepala KUA Kecamatan Barangin dan Lembah Segar agar menerima dengan senang hati kedua penghulu dimaksud sesuai penempatan masing-masing yang telah ditetapkan. 

Untuk diketahui, peralihan (impassing) dari jabatan struktural ke fungsional dua orang pejabat Kemenag Kota Sawahlunto merupakan kehendak sendiri, bukan dipaksakan. 

Selain mendapat persetujuan pusat, jabatan penghulu khususnya di Sumatera Barat diakui hingga sekarang masih mengalami kekurangan. 

Sampai berita ini diturunkan, belum diketahui siapa yang akan mengisi dua posisi jabatan kasi di Kemenag Kota Sawahlunto yang masih kosong.

Hadir selama kegiatan hantaran tugas penghulu yakni Kasubag TU, Kasi PHU, Kasi Pais, Kasi PD Pontren, Penyelenggara zakat dsn wakaf, Kepala KUA beserta Kepala madrasah semua tingkatan, baik negeri maupun swasta. (f@hmi)