MTsN 1 Kota Pariaman Lakukan Verifikasi Data dan Tes Calon Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021/2022

MTsN 1 Kota Pariaman Lakukan Verifikasi Data dan Tes Calon Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021/2022

Pariaman, Humas--Pasca pelaksanaan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) gelombang 1 secara online yang berakhir tanggal 11 Mei lalu, MTsN 1 Kota Pariaman melakukan verifikasi data dan tes calon peserta didik baru. Kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu (19/05) hingga Sabtu (22/05) di Ruang Belajar MTsN 1 Kota Pariaman.

Kegiatan verifikasi data dilakukan untuk memastikan kebenaran dan kevalidan data calon peserta didik yang diisi saat mendaftar online. Siswa diminta membawa beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk verifikasi data. Dokumen tersebut di antaranya adalah fotokopi nilai rapor kelas 5 semester 1 dan 2 serta kelas 6 semester 1 yang telah dilegalisasi, fotokopi ijazah MDA/ sertifikat /surat keterangan mampu membaca Alquran, fotokopi ijazah tahfiz Alquran bagi yang memiliki, pas foto, dan fotokopi sertifikat prestasi yang dimiliki. Diharapkan dengan adanya verifikasi data calon peserta didik ini, tidak ada data siswa MTsN 1 Kota Pariaman yang bermasalah di kemudian hari.

Selain menverifikasi data, calon peserta didik juga mengikuti beberapa tes untuk mengukur kemampuan siswa, khususnya kemampuan bidang keagamaan. Jenis-jenis tes calon peserta didik baru adalah pertama tes akademik tertulis. Kedua, tes praktik ibadah yakni praktik salat dan membaca Alquran. Ketiga, wawancara (interview). Tim pengujinya adalah guru MTsN 1 Kota Pariaman yang sangat ahli di bidang yang akan diujikan tersebut. Semua calon peserta didik harus mengikuti semua rangkaian tes yang diadakan.

Tidak hanya calon peserta didik yang menjalani tes, orang tua calon peserta didik pun ikut diwawancarai. Proses wawancara dilakukan untuk menggali informasi tentang calon siswa dan keluarganya serta hal-hal lain yang dianggap perlu. Informasi yang didapatkan nantinya akan diberitahukan kepada wali kelas peserta didik sebagai referensi dalam menangani masalah yang dihadapi peserta didik sekaligus dalam hal mengambil keputusan di kemudian hari.

Kegiatan verifikasi data dan tes calon peserta didik tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19 dan menerapkan 5M. Semua yang hadir di MTsN 1 Kota Pariaman wajib memakai masker. Semua peserta yang hadir dan orang tuanya dilakukan pengecekan suhu ketika memasuki gerbang madrasah. Tempat duduk penguji dan calon peserta didik atau orang tua pun diberi jarak.

Kepala MTsN 1 Kota Pariaman, Nur Eliwati, mengaku sangat senang melihat antusias masyarakat yang memercayakan pendidikan anaknya ke MTsN 1 Kota Pariaman. Seperti tahun sebelumnya, jumlah calon peserta didik yang mendaftar sangat banyak hingga tiga kali lipat dari jumlah kuota yang diterima. Pesertanya tidak hanya berasal dari Kota Pariaman ataupun Kabupaten Padang Pariaman dan sekitarnya, tetapi juga dari Kabupaten Agam bahkan ada juga yang dari Provinsi Riau. Semuanya sangat berharap ingin diterima. Akan tetapi, tentu saja penerimaannya sesuai dengan kuota yang ada.

“Saya merasa sangat bangga karena masyarakat memercayakan pendidikan anaknya ke MTsN 1 Kota Pariaman. Pilihan masyarakat sudah sangat tepat. Belajar di madrasah tidak hanya mendapatkan ilmu dunia, tetapi juga membekali peserta didik dengan ilmu akhirat. Saya berharap, semoga kegiatan verifikasi data dan tes berjalan dengan baik dan bisa memberikan yang terbaik buat calon peserta didik serta orangtua."

Nur Eliwati mengimbau kepada seluruh panitia agar bekerja dengan baik. "Agar Bapak/ Ibu panitia dapat menjalankan protokol kesehatan dan menerapkan 5M. Saya harapkan semua panitia dan tim penguji berlaku jujur, adil, dan objektif dalam memberi nilai kepada calon peserta didik yang mengikuti tes. Di samping itu , yang sangat penting adalah pelayanan prima, ramah, sopan, dan santun kepada seluruh peserta tes dan orangtuanya," ungkap Nur Eliwati menutup pembicaraan. (Delsi/ Maisa).