MTsN 1 Kota Payakumbuh Laksanakan Seleksi PPDB Menggunakan E-learning CBT

MTsN 1 Kota Payakumbuh Laksanakan Seleksi  PPDB Menggunakan E-learning CBT
MTsN 1 Kota Payakumbuh Laksanakan Seleksi  PPDB Menggunakan E-learning CBT
MTsN 1 Kota Payakumbuh Laksanakan Seleksi  PPDB Menggunakan E-learning CBT

Payakumbuh, Humas--Penerimaan peserta didik baru (PPDB) merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan oleh setiap madrasah atau sekolah mulai dari tingkat Raudhatul Atfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah ( MI), Madrasah Tsanawiyah ( MTs), dan Madrasah Aliyah ( MA).

Dalam rangka perekrutan peserta didik baru, yang berpedoman pada Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Islam nomor 7292 Tahun 2020, MTsN 1 Kota Payakumbuh melaksanakan penerimaan peserta didik baru dengan menggunakan 2 jalur yaitu jalur prestasi yang berlangsung dari tanggal 15 Maret – 17 April 2021 dan jalur reguler yang berlangsung dari tanggal 29 April – 16 Mei 2021.

Untuk jalur prestasi, calon peserta didik baru yang memenuhi kriteria langsung diterima tanpa tes dengan syarat memiliki piagam/sertifikat prestasi akademik atau non akademik, minimal juara 1, 2, 3 tingkat Kota/Kab atau memiliki piagam tahfidz minimal 2 juz.

Dari 110 pendaftar jalur prestasi hanya 26 orang yang dinyatakan lulus. Menurut ketua panitia, Eka Putra, setelah dirapatkan dengan pimpinan madrasah dan seluruh panitia, maka hanya 26 orang tersebut yang dirasa sesuai dengan kriteria yang sudah di tetapkan untuk penerimaan jalur prestasi.

Hari ini minggu, 23 Mei 2021, sebanyak 750 orang calon peserta didik MTsN 1 Kota Payakumbuh mengikuti ujian tulis seleksi PPDB jalur reguler berbasis komputer yang dilaksanakan pada 6 labor komputer madrasah dengan menggunakan E-learning CBT. Pelaksanaan ujian dibagi atas 5 sesi dengan durasi  waktu 1 jam untuk setiap sesi. Sesi 1 berlangsung dari pukul 07.30 - 08.30, sesi 2 pukul 09.30 - 10.30, sesi 3, pukul 11.30 - 12.30, sesi 4 pukul 13.30 - 14.30, dan sesi 5 pukul 15.30 - 16.30 WIB. Kuota masing-masing labor juga dibatasi untuk 25 orang peserta setiap labornya.

Setelah mengikuti ujian tulis, calon peserta didik baru juga akan mengikuti ujian praktek ibadah dan baca tulis Al-quran. Eli Elvita sebagai wakil kepala bidang kurikulum menjelaskan, " Ujian praktek ibadah dan baca tulis Al-quran akan berlangsung selama 5 hari kedepan  dari tanggal 24 - 29 Mei 2021, kecuali tanggal 26 yang merupakan hari besar nasional.  Jadi 750 orang peserta yang mendaftar untuk jalur reguler kita bagi 5, sehingga 1 hari hanya  150 orang calon peserta didik yang hadir di madrasah. 150 orang peserta itupun akan dibagi 6 ruangan kelas dengan 12 orang tim penguji, berarti 1 ruangan hanya memuat 25 orang peserta. Peserta didik yang akan mengikuti tes boleh datang ke madrasah dengan rentang waktu pukul 08.00 - 12.00 WIB, untuk menghindari penumpukan massa dan bagi yang telah selesai mengikuti ujian praktek diperbolehkan untuk meninggalkan pekarangan madrasah," ujarnya.

Kepala madrasah, Hj. Ermita, saat melaksanakan monitoring pelaksanaan PPDB, mengucap syukur kehadirat  Allah SWT dan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja maksimal sehingga pelaksanaan ujian tulis seleksi PPDB jalur reguler dengan menggunakan E-learning berhasil dilaksanakan dengan lancar tanpa menemui kendala yang berarti.

"Sesuai dengan perkembangan tekhnologi dan dunia pendidikan sekarang ini, dimana E-learning menjadi pilihan yang harus kita laksanakan dalam proses PBM maka sudah seharusnya calon peserta didik kita diperkenalkan dengan pembelajaran berbasis E-learning," ujarnya.

Hj. Ermita juga menjelaskan bahwa pelaksanaan seleksi PPDB MTsN 1 Kota Payakumbuh selalu memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. Calon peserta didik yang akan mengikuti ujian harus memakai masker selama ujian berlangsung dan selama berada di pekarangan madrasah. Sebelum memasuki pekarangan madrasah, seluruh calon peserta ujian PPDB jalur reguler, harus melaksanakan pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan hand sanitizer, sedangkan orang tua/wali yang mengantar tidak dibenarkan untuk memasuki pekarangan madrasah untuk mencegah kerumunan dan penumpukan massa. Semoga pelaksanaan ujian praktek yang berlangsung sampai sabtu depan juga berjalan dengan lancar, ujarnya menutup pembicaraan. (NV)