Jajaran KUA IV Jurai Gelar Sholat Sunat Gerhana Bulan Bersama Jamaah Masjid Raya Pahlawan Lumpo

Jajaran KUA IV Jurai Gelar Sholat Sunat Gerhana Bulan Bersama Jamaah Masjid Raya Pahlawan Lumpo

Painan, Humas-Jajaran Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan melaksanakan Sholat Sunat Gerhana Bulan (Khusuf Al Qamar) pada Rabu (26/5) bertepatan 15 Syawal 1442 H. Pelaksanaan sholat sunat gerhana bulan tersebut,dilakukan secara berjamaah, bertempat di Masjid Raya Pahlawan Lumpo, Kenagarian Lumpo, Kecamatan IV Jurai.

Kepala KUA IV Jurai, Betriadi, dalam arahannya pada kesempatan itu mengatakan.Berdasarkan data astronomi pada hari Rabu 26 Mei 2021 tersebut akan terjadi gerhana bulan total. Gerhana diperkirakan akan terjadi pukul 18:09-20:51Wib.   

"Menurut tuntunan Nabi Muhammad SAW. Ketika terjadi gerhana baik  gerhana matahari ataupun gerhana bulan, sebagai muslim kita disunnahkan untuk dapat melakukan sholat sunat gerhana. Selain itu juga dianjurkan memperbanyak zikir, do'a, istigfar, taubat, sedekah dan amal baik lainya,"terang KUA Betriadi.

Sementara itu, Ketua Pengurus Masjid Raya Pahlawan Lumpo, Zulkifli AS, menyambut baik kegiatan sholat sunat gerhana bulan tersebut. Atas nama pengurus dan jamaah ia mengucapkan terima kasih kepada jajaran KUA IV Jurai.

Bertindak sebagai khatib dalam sholat sunat gerhana bulan tersebut, Ustad Junaidi, penyuluh agama islam KUA IV Jurai sekaligus menjadi imam.

Hadir dalam acara itu, tokoh masyarakat lumpo yang juga Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Pessel, H. Firdaus. Para niniak mamak, alim ulama, bundo kandung, pemuda dan segenap jamaah masjid setempat. Kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan tetap menjaga protokol kesehatan.(Dodi).