Terima Kunker Komisi VIII DPR RI, Kakanwil Serahkan Proposal Revitalisasi Asrama Haji Embarkasi Padang

Terima Kunker Komisi VIII DPR RI, Kakanwil Serahkan Proposal Revitalisasi Asrama Haji Embarkasi Padang
Terima Kunker Komisi VIII DPR RI, Kakanwil Serahkan Proposal Revitalisasi Asrama Haji Embarkasi Padang

Padang, humas -- Plt. Kakanwil Kemenag Provinsi  Sumbar, H. Syamsuir menyambut kunjungan kerja (kunker) rombongan Komisi VIII DPR RI serta menyerahkan proposal lanjutan revitalisasi dan pengembangan asrama haji embarkasi Padang yang berlokasi di Kabupaten Padang Pariaman , Rabu siang (26/05)

Rombongan DPR RI tersebut diketuai Hj. Endang Maria Astuti yang beranggotakan Inna Ammania, H Hasan Basri, H Jefry Ramdonny, Hj Lisda Hendra Joni, H Hasani dan Hj Nur Azizah.

Pada kesempatan itu, H Syamsuir juga menyambut kunjungan Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama RI H Syaiful Mujab.

Bertempat diruang pertemuan Asrama Haji Tabing Padang, tampak Kakanwil yang juga  didampingi Kepala UPT asrama haji Padang H Taufik Abdulllah, Kepala Bagian TU H Irwan dan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah H Joben  menyambut baik kedatangan rombongan tersebut.

Diawal kata sambutannya, Kakanwil menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi atas dijadikan asrama haji Padang sebagai salah satu tempat kunker komisi VIII DPR RI dalam rangka pengawasan pengelolaan haji .

Dihadapan tujuh anggota DPR RI komisi VIII tersebut, Kakanwil menyerahkan proposal lanjutan revitalisasi dan pengembangan asrama haji embarkasi Padang yang sebelumnya Ia memaparkan latar belakang pegembangan, manfaat, serta progres pengerjaan asrama haji embarkasi Padang sampai saat ini.

“ Kita berharap dengan dikabulkan dan dilaksanakan proposal lanjutan pengembangan asrama haji ini  menjadikan nilai manfaat asrama haji embarkasi Padang  dapat segera dinikmati jemaah haji dan masyarakat dari dua Provinsi yaitu Provinsi Sumbar dan Provinsi Bengkulu  ”, pungkas Kakanwil.

Untuk pelayanan Jemaah haji, Ia mengatakan asrama haji Padang telah dirancang sebagai sarana meningkatkan kepuasan jemaah haji, untuk mengenalkan pelayanan akomodasi yang modern di tanah air sehingga tidak kebingungan pada waktu sampai di Arab Saudi, sarana pemantapan manasik haji sekaligus konsolidasi kelompok terbang.

“ manfaat lain dari pengembangan asrama haji ini adalah untuk mempersiapkan kondisi fisik dan mental dala rangka persiapan sebelum berangkat dan mengadapi perjalanan jauh dan melelahkan”, terang Kakanwil.

Selain itu bagi masyarakat, asrama haji dapat diambil nilai manfaatnya kata Kakanwil antara lain sebagai tempat penginapan, aula, parker inap  memiliki daya tamping 900 orang yang sangat memungkinkan sebagai tempat kegiatan even Provinsi dan Kabupaten/ Kota.

“ fasilitas lainnya yang bisa dimanfaatkan masyarakat di asrama haji tersebut yaitu sebagai tempat praktek manasik haji, bagi masyarakat sekitar bisa berjualan aneka kebutuhan harian, makanan minuman, oleh-oleh dari Arab Saudi serta penyediaan tempat pertemuan, seminar, pesta dan kegiatan lainnya”, jelas H Syamsuir.

Sedangkan ketua tim Kunker Komisi VIII DPR RI Hj Endang mengatakan harapan dengan kunjungan mereka tersebut dapat menjadikan asrama haji Padang lebih familiar dengan masyarakat sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“ hasil dari kunjungan dari beberapa embarkasi di beberapa Provinsi ini akan kita Follw Up dan dirapatkan kembali  dengan mengundang pihak Kementerian Agama RI untuk finalisasinya”, katanya.

Rombongan Kunker Komisi VIII DPR RI tersebut sebelumnya juga disambut Gubernur Sumbar H Mahyeldi bersama Kakanwil beserta jajaran bidang haji Kemenag Provinsi Sumbar sesaat turun dari pesawat di gedung VVIP BIM. *rzk