Giat Madrasah Riset, Siswa MAN 2 Pesisir Selatan Ikuti LKIR LIPI

Giat Madrasah Riset, Siswa MAN 2 Pesisir Selatan Ikuti LKIR LIPI

Painan, Humas--  Dalam rangka realisasi program Madrasah Riset dan menggiatkan riset,  MAN 2 Pesisir Selatan mengikutsertakan siswa dalam kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Remaja (LKIR) yang diadakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Hal itu sebagaimana disampaikannya oleh Kepala Madrasah Ahmad Asdi pada Sabtu (29/05) saat dimintai keterangan tentang keikutsertaan siswa madrasah itu dalam even lomba tingkat nasional tersebut.

Menurutnya, keikutsertaan siswa dalam LKIR itu pasca diutusnya satu siswa dalam penguatan LKIR LIPI yang diadakan oleh MAN Insan Cendikia Pariaman beberapa bulan sebelumnya. Berdasarkan hal tersebut, muncul motivasi bagi siswa dan guru pembimbing untuk mengikuti even Lomba Karya Tulis Ilmiah, salah satunya LKIR.

"Madrasah kita telah ditetapkan sebagai Madrasah Riset oleh Kementerian Agama pada tahun 2021 ini. Untuk itu, kita perlu merealisasikan kegiataan riset. Sejauh ini sudah bunyak siswa ya g mengajukan proposal riset dan telah ditetapkan guru pembimbingnya oleh Madrasah. Jadi, riset sudah mulai dilaksanakan. Mudah-mudahan nantinya riset tersebut dapat dilaksanakan sampai tuntas oleh siswa bersama guru pembimbing,' ucap Asdi.

"Pelaksanaan riset merupakan sesuatu yang sedang kita coba kembangkan di madrasah kita. Sekalipun kita masih baru dan belum begitu berpengalaman di bidang ini, namun kita tetap motivasi siswa agar mau mengikuti berbagai even lomba karya tulis Ilmiah. Salah satunya LKIR LIPI ini. Imbuhnya  .

Adapun siswa yang mengirimkan proposal untuk mengikuti LKIR  tersebut adalah  Zulvira Az-Zahra. Ia telah menuntaskan proposal penelitian dan mengikuru pendaftaran dan pengiriman proposal penelitiannya secara online melalui situs kompetisi LIPI. Ia tentunya berharap proposalnya tersebut dapat lolos dalam seleksi dan dinyatakan dapat melaku sebagai proposal lulus terbimbing dalam even lomba LKIR LIPI. (weni).