H.Alizar Ikuti Upacara Harlah Pancasila, Virtual dari Guest House Arosuka

H.Alizar Ikuti Upacara Harlah Pancasila, Virtual dari Guest House Arosuka

Koto Baru, Humas, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, H. Alizar mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila secara virtual dari guest house Arosuka, Selasa (1/6).

Kakankemenag mengikuti upacara virtual ini bersama Bupati Solok diwakili Askoor Bidang Pemerintahan, Edisar, SH, MH, Kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho, Ketua PN Koto Baru Bayu Agung Kurniawan SH dan kepala SKPD dilingkup pemerintah Kab. Solok.

Upacara virtual ini, merupakan siaran langsung dari gedung Pancasila Jakarta dengan inspektur upacara Presiden R.I Joko Widodo. tema peringatan tahun ini "Pancasila dalam tindakan, Bersatu untuk Indonesia tangguh".

Presiden menyebut, peringatan hari lahir pancasila tahun 2021 dilaksanakan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi kedaruratan pandemi covid19 dengan mendasar pada keputusan presiden nomor 11 tahun 2020 tentang penetapan kedaruratan kesehatan masyarakat corona virus disease ( covid 19 ) dan keputusan presiden nomor 12 tahun 2020 tentang penetapan bencana non alam penyebaran corona virus disease (covid 19) sebagai bencana nasional.

Selain itu, dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalan mencegah, mengendalikan dan memutus mata rantai penyebaran covid19 di indonesia maka peringatan hari lahir pancasila tahun 2021 di tingkat pusat dilaksanakan upacara bendera secara virtual reality.

Presiden juga menyampaikan, selama 1 hari ( 1 juni) setiap perkantoran dan seluruh komponen masyarakat indonesia untuk mengibarkan bendera merah putih. Selain itu, untuk memeriahkan peringatan hari lahir pancasila dapat dilakukan secara kreatif dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid19.

H. Alizar yang ditemui usai upacara mengatakan, selain dirinya didampingi beberapa pejabat kantor Kemenag Kab. Solok lainnya mengikuti upacara di guest house, para ASN juga diinstruksikan untuk mengikuti upacara virtual ini dari tempat masing-masing.

"Mengikuti upacara hari lahir Pancasila merupakan salah satu bentuk nasionalisme warga negara, terutama ASN selaku abdi negara dan abdi masyarakat," jelas H.Alizar. Fendi