Plt Kakanwil: Kemenag Apresiasi Kontribusi FKDT, Melalui Program Ini

Plt Kakanwil: Kemenag Apresiasi Kontribusi FKDT, Melalui Program Ini

Padang (humas)- Kemenag berhutang banyak atas geliat perkembangan FKDT dari hari ke hari, atas peran besar FKDT, jajaran seluruh ustadz dan ustadzah yang telah mendedikasikan diri mendidik  santri. FKDT telah membantu Kemenag  dalam rangka membangun pendidikan Nasional yang berkarakter dan cinta pada tanah air. 

Demikian diutarakan Plt Kakanwil Kemenag Sumbar H Syamsuir dihadapan Gubernur, FKDT Sumbar dan jajaran, serta Ketum DPP FKDT dalam acara Silaturahmi dan Diskusi Panel secara Virtual dari ruang kerja Kakanwil, Sabtu (05/06). 

Sebelumnya, Plt Kakanwil Kemenag Sumbar mengucapkan terima kasih dan apresisasi yang luar biasa  atas terselenggaranya kegiatan yang digelar FKDT Sumbar. 

"Semoga dapat mempererat hubungan antara FKDT dan kemenag  di Sumbar dalam rangka menciptakan generasi muslim yamg agamis, berakhlak mulia dan dapat menghadapi tantangan globalisasi dengan tema mengawal akhlak santri berkhidmat untuk negeri." Tukasnya.

Pihaknya menuturkan sejauh ini Kemenag sudah memiliki program pembinaan terhadap tenaga pendidik FKDT, baik tingkat provinsi dan Kabupaten/kota, program pembinaan pendidik MDT dan kepala MDT, dan bahkan pembinaan bakat santri melalui PORSADIN. 

Tak ketinggalan program pemberian bantuan dari Kemenag termasuk tenaga pendidik. Dikatakannya, Tahun 2020 Kemenag telah menyalurkan sejumlah bantuan kepada MDT Seperti bantuan operasional Pendidikan DIPA kemenag RI.

"Dalam hal ini ada dua tahap. Untuk tahap Pertama senilai 5 miliar dan tahap kedua kami berikan sejumlah 1 miliar 306 juta." Ungkap Mantan Kakankemenag Solsel ini dalam materinya.

Selain itu Kemenag juga sudah memberikan bantuan kepada 23 MDT, bantuan 31 orang ustadz sebanyak 93 juta rupiah. "Selama Tahun 2020 tercatat yang sudah disalurkan mencapai 6 milar 629 juta." Rincinya.

Seiring itu, Syamsuir berharap bantuan yang sudah digelontorkan, dapat menunjang sarana pembelajaran dan kesejahteraan guru MDT dimanapun berada.

Disisi lain, dalam rangka peningkatan pelayanan pada masyarakat, Kemenag juga terus melakukan inovasi  dalam bentuk pendataan  melalui aplikasi. 

"Kita banyak berharap, dengan adanya MDT akan dapat membangun generasi berakhlak mulia, terimakasih kami selaku Plt pada gubernur atas bantuan dan insentifnya pada kabupaten /kota  berikut pembinaan pada guru MDT." Sambung mantan Kabid PHU Kanwil Kemenag Sumbar ini.

Plt Kakanwil mengajak seluruh perangkat seluruh FKDT di Sumbar agar berkoordinasi dengan pihak terkait. "Betapa pentingny aberkoordinasi, bersilaturahmi untuk meningkatkan kualitas iman, ketaqwaan generasi muda di Sumatera Barat," katanya yang turut didampingi Kabid Papkis H Rinalfi.

Ia menilai tanggung jawab seluruh pihak dalam membangun generasi muda di Sumatera Barat tidaklah mudah di era distrupsi sekarang.

"Mudah mudahan kedepan semakin hari, semakin dapat kita tingkatkan kualitas lembaga dan institusi kita ini, terimakasih kepada Ketum DPP, Gubernur, seluruh pihak, atas terselenggaranya kegiatan sore ini," ungkapnya mengakhiri.(vera)