60 % Siswa Lulusan MAN 2 Agam Diterima di Perguruan Tinggi Negeri Tanpa Tes

60 % Siswa Lulusan MAN 2 Agam Diterima di Perguruan Tinggi Negeri Tanpa Tes
60 % Siswa Lulusan MAN 2 Agam Diterima di Perguruan Tinggi Negeri Tanpa Tes

Agam, Humas--Sebanyak 60 orang siswa lulusan MAN 2 Agam diterima di Perguruan Tinggi Negeri yang tersebar di wilayah Indonesia, di antaranya Universitas Negeri Semarang, Universitas Islam Negeri Bandung, Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, UIN Imam Bonjol Padang, IAIN Batusangkar, IAIN Bukittinggi, UIN Sultan Kasim Riau dan Universitas Riau.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Agam Bidang Kurikulum, Teti Mardiati saat ditemui  (07/06) di ruang Wakil Kepala MAN 2 Agam yang sebelumnya lebih dikenal dengan MAN Batumandi, Jorong Aur Nagari Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang.  

"Dari jumlah lulusan MAN 2 Agam tahun ini sebanyak 111 orang siswa, 60 orang di antaranya sudah diterima di Perguruan Tinggi Negeri dan saat ini kita masih menunggu hasil SMPTN untuk siswa lulusan lainnya", ujar Teti lagi.

Selain itu, Wakil Kepala Madrasah dengan didampingi oleh Kepala Urusan Tata Usaha MAN 2 Agam, Farida dan beberapa orang Wakil Kepala lainnya ini mengungkapkan bahwa saat ini MAN 2 Agam mampu mengeksiskan diri dengan siswa yang melebihi target di tengah-tengah masyarakat, di kelilingi beberapa lembaga pendidikan baik itu negeri maupun swasta seperti SMAN, SMK dan Pondok Pesantren yang berada di wilayah Kecamatan Tilatang Kamang dan Kamang Magek.

Di samping itu, dengan adanya kerjasama antara guru, pegawai, alumni dan komite MAN 2 Agam serta masyarakat, saat ini dibangun gedung keterampilan secara swadaya untuk bidang tata busana, perbengkelan dan mebel.

Dan Wakil Kepala MAN 2 Agam Bidang Kurikulum ini juga menyampaikan bahwa saat ini MAN 2 Agam sedang berbenah untuk menjadi pionir Madrasah Riset dengan program pelaksanaan penelitian-penelitian, mengikutsertakan siswanya dalam beberapa lomba penelitian, diantaranya yang baru-baru ini mengenai manfaat daun kelor.

Dan menurut Teti Mardiati lagi dalam rangka meningkatkan mutu madrasah sekaligus mengukur kompetensi para siswa, dua orang siswa terpilih sebagai Duta Harmonisasi dan 16 orang siswa MAN 2 Agam ini juga mengikuti ajang Kompetisi Sains Nasional 2021 yang sampai saat ini masih menunggu hasilnya. Dan selain itu, pada bulan Ramadhan lalu 4 orang siswa yang diutus mengikuti Gebyar Ramadhan yang diselenggarakan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat berhasil menyabet Juara I di bidang Tahfidzul Quran, Pidato, Adzan dan Tilawah al Quran.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, H. Edy Oktafiandi saat dihubungi berharap bahwa dengan beberapa prestasi yang diraih oleh para siswa dengan kerja sama yang baik antara jajaran madrasah, masyarakat, pengawas madrasah, Kementerian Agama dan juga para alumni, hal ini dapat mendongkrak jumlah atau kuantitas siswa MAN 2 Agam nantinya. Syef