Resmi, Syamsul Arifin Nahkodai Kankemenag Sawahlunto

Resmi, Syamsul Arifin Nahkodai Kankemenag Sawahlunto

Sawahlunto, Humas -- Setelah diamanatkan menahkodai Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat selaku Pelaksana tugas, H. Syamsuir konsisten menerapkan ritme kerja cepat dan tepat sesuai aturan yang berlaku namun tetap menghadirkan suasana kekeluargaan yang memotivasi semangat kerja ASN di lingkungan Kemenag Sumbar.

Kerja cepat Plt. Kakanwil terlihat dari kehadirannya didampingi Analis Kebijakan Kanwil Kemenag Sumbar, H. Yosef Khairul di Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto dalam rangka mengantarkan Pelaksana tugas baru setelah dua periode (enam bulan) Plt sebelumnya yang dijabat oleh Kakan Kemenag Kota Solok berakhir.

“Hari ini kami kemari dalam rangka menyikapi masa transisi setelah Kamis (3/6) kemarin mendapat laporan dari Plt. sebelumnya, Eri Iswandi bahwa jabatannya sudah berakhir. Momen ini sekaligus menyambung silaturahmi yang sudah lama tidak terlaksana,” ujar Syamsuir mengawali arahannya.

“Agar tidak terjadi kekosongan dan penugasan yang terlalu lama melebihi aturan yang ada (enam bulan) maka kita sudah lakukan tindak lanjut dan mendapat respon positif dari Bapak Menteri dan Bapak Sekjen sehingga disetujuilah H. Syamsul Arifin sebagai Pelaksan tugas baru di Kemenag Sawahlunto,” jelas Kakanwil.

“Kita tidak mau berlama-lama. Kita gerak cepat demi kepentingan lembaga. Dua hari tuntas,” tambahnya.

Selanjutnya, Syamsuir mengajak ASN meningkatkan loyalitas terhadap lembaga, bukan perseorangan. "Sayangi lembaga, bersyukur bekerja di Kementerian Agama," ungkapnya. 

Ditambahkannya, ASN diimbau melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing dalam bekerja. 

"Selamat menjalankan tugas kepada Plt. yang baru dan terimakasih kepada semua pihak atas dukungan ini," ungkapnya. 

Selain mengingatkan pentingnya mematuhi protokol kesehatan, Syamsuir  menyinggung pula moderasi beragama sebagai satu dari tujuh program prioritas Menteri Agama saat sekarang. 

"Moderasi beragama akan sampai ke sekolah, bahkan menjadi kurikulum," tutupnya. 

Sementara itu ditempat yang sama, Plt. Kepala Kemenag Kota Sawahlunto, H. Syamsul Arifin yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pendidikan Madrasah pada Kanwil Kemenag Sumbar tersebut mengakui gerak cepat Kakanwil dalam menyikapi kekosongan yang akan terjadi.

“Terimakasih kepada Kakanwil dan Analis Kebijakan yang telah merespon kondisi ini dengan cepat. Tidak ada nego dan tawar menawar dalam penunjukkan ini. Ini jabatan Plt yang luar biasa karena SK nya ditandatangani Bapak Sekjen,” akunya.

“Sebelumnya saya juga pernah mengemban Plt di Kab. Sijunjung selama 20bulan,” tambahnya.

Berkenaan dengan jajaran Kankemenag Sawahlunto, Syamsul Arifin meminta dukungan ASN dan menekankan pentingnya koordinasi dalam menjalankan tugas. 

"Koordinasi penting sekali, jangan saling mendahului atau melangkahi, patuhi regulasi," pintanya. 

Seperti yang dilaporkan Kasubbag TU Kankemenag Kota Sawahlunto, H. Okto Verisman diawal kegiatan bahwa acara yang berlangsung di Aula setempat tersebut dihadiri seluruh Kepala Seksi, Kepala KUA, Kepala Madrasah Negeri dan Swasta serta pengurus Pondok Pesantren yang masih eksis hingga saat ini. Vn