MAS Gantung Ciri Selenggran UAS dengan CBT

MAS Gantung Ciri Selenggran UAS dengan CBT

Koto Baru, Humas. Semangat berteknologi ditunjukan oleh Madrasah Alyah Swasta (MAS) Gantung Ciri Kab. Solok, para siswa mengikuti ujian akhir semester (UAS) dengan sistim CBT (Computer Base Test).

"Alhamdulillah untuk ujian akhir semester tahun ajaran 2020/2021, kita full online berbasiskan CBT android," ujar Suardi, S,Ag kepala MAS Gantung Ciri, Selasa (8/6).

Disebutkan oleh Suardi, aplikasi CBT ini dibuat oleh Suhanda, guru sekaligus proktor CBT MAS Gantung Ciri dengan basic word press. Selesai siswa mengerjakan ujian, hasilnya bisa langsung dilihat oleh guru bidang studi.

Suardi juga menyampaikan, siswa dan guru menyambut antusiar pelaksanaan UAS menggunakan CBT ini, karena selain hemat dalam perlatan yang dibawa saat ujian juga lebih praktis dalam prosesnya.

Terpisah, kepala kantor Kemenag Kab. Solok, H. Alizar yang dikonfirmasi tentang kemajuan yang dicapai oleh MAS Gantung Ciri ini, menyampaikan selamat sekaligus rasa bangganya.

"Madrasah hebat bermartabat itu tidak hanya milik madrasah negeri, tetapi semua madrasah berhak mewujudkannya, salah satunya yang ditunjukan oleh MAS Gantung Ciri,' ujarnya.

H. Alizar berharap, pencapaian oleh MAS Gantung Ciri menjadi motivasi bagi madrasah lain, karena dengan ujian menggunakan CBT ini juga menunjang pada penerapan protokol kesehatan, salah satunya komunikasi antara peserta dengan pengawas ujian tidak harus kontak langsung. 

"Tugas pengawas ujian juga semakin ribgan sesuai prokes. pengawas tidak perlu lagi mendatangi siswa untuk membagikan lembar soal maupun jawaban, tetapi cukup mengawasi kondisi ujian, sementara siswa bekerja dengan smartphone masing-masing," sebut H. Alizar.

Menutup komentarnya, H. Alizar ingin inovasi-inovasi untuk kemajuan terus ada, karena lima nilai budaya Kementerian Agama itu harus diwijudkan seluruh jajaran sebagai upaya pencapaian ZI WBK WBBM dilingkungan lembaga Ikhlas Beramal.