Kendati Batal Berangkat, Kanwil Kemenag Sumbar Minta Layanan Haji Tetap Berjalan

Kendati Batal Berangkat, Kanwil Kemenag Sumbar Minta Layanan Haji Tetap Berjalan
Kendati Batal Berangkat, Kanwil Kemenag Sumbar Minta Layanan Haji Tetap Berjalan

Sawahlunto, Humas-Kendati pemberangkatan jemaah haji tahun ini kembali dibatalkan untuk kedua kali akibat masih merebaknya Covid-19, pendaftaran dan pembinaan haji tetap berjalan sebagaimana biasa. Hal itu disampaikan H. Hidayat selaku ketua tim Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat saat melakukan monitoring jaringan haji ke Kemenag Kota Sawahlunto, Selasa (9/6).

"Sungguhpun batal berangka, pelayanan haji tetap dimaksimalkan seperti biasa," ujarnya di ruang kerja Kemenag Kota Sawahlunto.

Unaik itu sebut Hidayat, tujuan kedatangan dirinya bersama anggota tim dalam rangka meninjau secara langsung pemeliharaan jaringan dan aplikasi Sistem Informasi Haji Terpadu (SISKOHAT) pada Kankemenag Kabupaten/Kota.

"Jangan sampai jaringan Siskohat kita melemah sehingga pelayanan terganggu," katanya. 

Khusus bagi seksi PHU KemenagvKota Sawahlunto, Hidayat mengingatkan agar mengantisipasi pihak-pihak lain yang  tidak bertanggungjawab memanfaatkan kondisi sekarang dengan menjanji-janjikan masyarakat bisa menunaikan ibadah haji. 

Sementara itu, Kasi PHU Kemenag Kota Sawahlunto menyampaikan, sejauh ini jaringan Siskohat tidak mengalami kendala bahkan secara umum masih lancar. 

"Jika nanti ada masalah, kami akan sesegera mungkin melaporkan keadaan tersebut," terangnya. 

Menyangkut jumlah pendaftar haji sambung Zainul, sejak adanya Covid-19 masuk ke Kota Sawahlunto, diakuinya terjadi penurunan.

"Walau demikian, pembinaan manasik haji mandiri tetap diselenggarakan," pungkasnya.

Selain itu, jika ada calon jemaah haji yang telah terdaftar lalu mengundurkan diri, pengembalian dana haji kepada bersangkutan tetap lancar selama memenuhi persyaratan ditetapkan, misalnya fotokopi KTP dan tabungan, buku rekening, bukti setoran maupun matrei. (f@hmi)