Kemenag Laksanakan Peletakan Batu Pertama Pembangunan MCK di Ponpes Darussalam

Kemenag Laksanakan Peletakan Batu Pertama Pembangunan MCK di Ponpes Darussalam

Dharmasraya, Humas—Kakan Kemenag Kabupaten Dharmasraya H. Abdel Haq yang didampingi oleh Tim PPK Sanitasi PUPR Provinsi dan Camat Sitiung meletakkan batu pertama untuk Pembangunan Sarana dan Prasarana Sanitasi di Ponpes Darussalam, Kamis (10/06).

Pendiri Ponpes Darussalam H. Aminullah Salam berterima kasih kepada pemerintah karena telah memberikan kuota pembangunan sanitasi untuk Ponpes Darussalam. Tetapi, ia berharap kelak ada penambahan pembangunan.

“Untuk pembangunan sanitasi, sebenarnya masih jauh dari mencukupi. Jika merujuk pada jumlah santri kita di Ponpes Darussalam. Setidaknya, kami memohon ada penambahan sekitar 5 bangunan lagi biar mencukupi. MCK ini sangat dibutuhnya,” paparnya.

Tim PPK Sanitasi PUPR Provinsi Sumbar yang diwakili oleh Tari berharap agar pembangunan MCK ini bisa dimanfaatkan dengan baik khususnya santri yang bermukim di Ponpes Darussalam. Hal ini dapat menunjang kegiatan belajar-mengajar dengan aman, nyaman, bersih dan sehat.

Camat Sitiung yang diwakili oleh Kasi Kesra Arfas sangat mendukung program pemerintah terkait Pembangunan Sarana dan Prasaran Sanitasi di Ponpes Darussalam.

“Kami atas nama pemerintah kecamatan, sangat mendukung sekali pembangunan ini. Ini bukti kepedulian dari pemerintah, terutama oleh Kemenag melalui PUPR. Ini bisa dimanfaatkan oleh anak-anak santri kita. Kita berharap, kelak pendidikan agama di pondok ini akan berjalan semakin baik dan lancar.”

“Berhubung kecamatan kita sudah memanfaatkan limbah sebagai kebutuhan, seperti menjadikannya sebagai penerang listrik, maka kita juga berharap, limbah yang ditampung di sini juga bisa diolah, seperti untuk penerangan di Ponpes ini.”

Sepakat dengan H. Aminullah Salam, Kakan Kemenag Dharmasraya H. Abdel Haq juga sangat berharap agar ada tambahan pembangunan MCK di Ponpes Darussalam, termasuk pembangunan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah). Menurutnya, Dharmasraya layak dijadikan sebagai prioritas.

Lanjutnya, “Kita bahagia dan gembira atas perhatian pemerintah terhadap Ponpes. Kenapa? Karena pemerintah harus berterima kasih atas adanya ponpes yang dikelola oleh masyarakat.”

Kakan Kemenag meninta agar pengelola bisa melaksanakan pembangunan sesuai dengan regulasi. Ia tidak ingin ada masalah di kemudian hari.

“Kelola dengan baik. Manfaatkan oleh lingkungan,” pintanya. (Ind)