Jamaah haji Kec Banuhampu Sei Pua Ikuti Desimenasi pembatalan haji tahun 2021

Jamaah haji Kec Banuhampu Sei Pua Ikuti Desimenasi pembatalan haji tahun 2021
Jamaah haji Kec Banuhampu Sei Pua Ikuti Desimenasi pembatalan haji tahun 2021

Banuhampu Inmas--Sesuai dengan terbitnya KMA No 660 tahun 2021tentang pembatalan keberangkatan jemaah haji Indonesia pada tahun 2021, maka Kantor Kementerian Agama Kab Agam mengadakan acara desimenasi pembatalan keberangkatan jemaah haji tahun 2021 yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 10 juni 2021, bertempat di Masjid Safinatullah Obay Ladang Laweh Kec Banuhampu.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kemenag Agam yang diwakili oleh Kasi PHU Zulkarnain Batubara, Kua banuhampu dan Sei Pua, penyuluh Agama Fungsional serta calon jamaah haji Kec Banuhampu dan Sei Pua.

Dalam penyampaian desimenasi tentang pembatalan keberangkatan jemaah haji Indonesia tahun ini merujuk kepada KMA no 660 tentang pembatalan keberangkatan jemaah haji, bahwa pemerintah Indonesia berkewajiban menjaga dan melindungi warfa negaranya baik didalam negeri maupun diluar negeri melalui penanggulangan pandemi Covid19, dan pemerintah Arab Saudi belum membuka akses layanan penyelenggaraan ibadah haji pada tahun ini, sementara pemerintah Indonesia membutuhkan kesediaan waktu yang cukup untuk persiapan," terang Zulkarnain.

Mengingat begitu berharapnya jamaah untuk bisa berangkat namun batal berangkat, tentu berdampak pada psikologi jamaah namun inilah pilihan yang terbaik yang dilakukan oleh pemerintah saat ini, maka diadakanlah pencerahan kepada jamaah apa sebenarnya yang terjadi dan untuk menepis isu isu hoak yang berkembang dan bersileweran ditengah masyarakat khususnya bagi jamaah, serta janaah dapat memahami bahwa apa yang diputuskan pemerintah saat ini sudah tepat," ungkap zul.

Sementara itu KUA Sei Pua mewakili tuan rumah Banuhampu dan Sei Pua Wahyu Hidayat dalam sambutannya mengatakan bahwa yang terjadi saat ini adalah merupakan izin dan takdir dari Allah.

Manusia hanya bisa berikhtiar namun keputusan tetap ditangab Allah,ketika manusia sudah berusaha maka dia sudah diberikan pahala sesuai usahanya, walaupun tak jadi berangkat haji.

Salah seorang jamaah mengatakan bahwa jamaah sekarang sudah cerdas dan jauh hari sudah ada firasat bahwa bakal ditunda lagi,sesuai dengan kondisi yang berkembang, kami mengucapkan terima kasih atas acara ini semoga kami sabar dan ikhlas, kalau kecewa itu pasti, namun kita punya iman dan Allah.( Zulpaifbnh)