UIN IB Padang Bina Komputasi Guru Madrasah Sawahlunto

UIN IB Padang Bina Komputasi Guru Madrasah Sawahlunto
UIN IB Padang Bina Komputasi Guru Madrasah Sawahlunto

Sawahlunto, Humas-Dalam rangka meningkatkan komputasi (teknologi informasi), Universitan Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang menggelar Workshop Computational Thingking untuk guru madrasah semua tingkatan Kota Sawahlunto, Senin (14/6).

"Program ini dilaksanakan untuk membangun karakter berfikir komputasi guru guna memacu inovasi dalam pembelajaran," ujar Dekan Fakultas UIN IB Padang, Yasrul Huda pada acara pembukaan yang dipusatkan di MAN Kota Sawahlunto.

Yasrul menambahkan, berfikir komputasi bukan hanya orang yang menekuni bidang komputer saja melainkan sudah menjadi kebutuhan setiap orang. 

"Apalagi guru, pembelajaran baik proses, evaluasi sangat memerlukan berfikir dan bertindak memanfaatkan komputasi," sambungnya. 

Membuka secara resmi, Kasubbag TU Kepala Kankemenag Kota Sawahlunto, H. Okto Verisman mewakili Kakankemenag menyampaikan, saat ini teknologi informasi sudah merupakan kebutuhan yang tidak dapat dielakkan. Karenanya Ia menghimbau jajaran madrasah agar senantiasa meningkatkan kemampuan khususnya teknologi informasi. 

"Kami mengucapkan terimakasih kepada UIN IB Padang atas pembinaan ini, semoga berkelanjutan," demikian ungkap Okto. 

Selama acara berlangsung, tampak 27 orang guru MAN Sawahlunto sangat antusias mengikuti workshop, ditambah pula kepiwaian narasumber dengan memberikan reward bagi guru yang mampu menjawab pertanyaan. 

Sementara itu, Kepala MAN Sawahlunto Muhammad Yustar saat dimintai informasi mengatakan, setelah ini akan ada penandatanganan  kerjasama (Memorandum of Understanding) dengan UIN IB Padang.

Lebih lanjut dijelaskannya, Workshop diselenggarakan secara bersamaan untuk semua guru madrasah.

"Untuk workshop seluruh guru aliyah dipusatkan di MAN Sawahlunto, tsanawiyah di MTsN 2 sedangkan ibtidaiyah di MIN 2 Sawahlunto, masing-masing narasumbernya berbeda," ucap Yustar. 

Khusus acara pembukaan terang dia, diselenggarakan secara virtual bagi peserta yang berasal dari MTs dan MI.  (f@hmi)