MTsN 1 Agam Gelar Rapat Kenaikan Kelas Hari Ini

MTsN 1 Agam Gelar Rapat Kenaikan Kelas  Hari Ini

Tilatang Kamang, Inmas-- Selasa (15/06) MTsN 1 Agam melaksanakan kegiatan rapat kenaikan kelas untuk siswa kelas VII dan VIII yang berlangsung pada pukul 08.00 pagi tadi.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh MTsN 1 Agam setiap selesai tahun ajaran di semester ke-2. Acara ini dipimpin langsung oleh Nurmiza, Kepala MTsN 1 Agam dan didampingi oleh Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Waka Sarpras, Waka Humas, Kaur TU dan seluruh majelis guru.

Nurmiza menyampaikan bahwasanya ada beberapa kriteria yang menjadi dasar siswa bisa naik ke tingkatan selanjutnya dengan berdasarkan pada dokumen 1 MTsN 1 Agam.

" Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk kelayakan siswa yang dapat dinaikkan ke kelas selanjutnya, yakni dari segi akademik, non akademik, kehadiran, dan sikap," ujar Nurmiza.

Dalam penjelasannya lebih lanjut, Nurmiza menyampaikan bahwasanya keempat komponen diatas sangat berhubungan dan mempengaruhi.

Selanjutnya Waka Kurikulum, Dona Rahmayni Beserta Waka Kesiswaan, Arsil juga ikut memimpin rapat kenaikan kelas VII dan VIII tersebut. 

Dona Rahmayni menyampaiakan bahwa melalui rapat kenaikan inilah nanti akan dibahas secara detail mengenai kemampuan anak sesuai kriteria yang ditetapkan. "Dalam rapat ini seluruh walas akan melaporkan hasil belajar siswa yang nanti kita akan korelasikan dengan regulasi  dalam dokumen 1, sehingga akan dapat dijadikan dasar apakah siswa bisa naik kelas atau tidak,"ujar Dona Rahmayni.

Selanjutnya, Waka Kesiswaan, Arsil juga menyampaikan bahwasanya selain dari Bapak/Ibu Walas, laporan dari Bapak/Ibu Guru Mapel sangatlah menentukan. "Selain dari walas laporan dari seluruh guru mapel sangat kita perlukan untuk kenaikan siswa, sehingga dalam forum inilah kita dapat tentukan anak kita naik kelas atau tidak" tukas Arsil.

Dalam rapat ini dihasilkan sebuah keputusan bahwa 100% anak kelas VII sejumlah 199 siswa naik ke kelas VIII dengan jumlah 6 rombel dan 100% anak kelas VIII sejumlah 163 siswa naik ke kelas IX dengan jumlah 5 rombel. Sedangkan untuk hasil belajar siswa akan diberikan dengan sistem shift pada hari jumat (18/06) untuk kelas VII dan sabtu (19/06) untuk kelas VIII dengan menerapakan protokol kesehatan yang ketat dimasa Covid-19.

Terakhir Nurmiza menyampaikan ucapan selamat kepada siswa yang naik ke tingkat selanjutnya. "Selamat dan Semangat kepada siswa yang telah dinyatakan naik kelas, tantangan pembelajaran semakin tinggi, Atas Izin Allah semoga semua proses pembelajaran di madrasah ini mampu siswa-siswi lewati dengan hasil yang terbaik, serta kita berikan pelayanan pendidikan dan pembimbingan terbaik, semoga Covid-19 ini segera berakhir" tutup Nurmiza. (Why)