Tunjangan Profesi Guru, Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Tunjangan Profesi Guru, Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Sarilamak, Humas--Tunjangan Profesi Guru (TPG) merupakan tunjangan yang diberikan kepada guru yang telah memiliki sertifikat pendidikan dengan persyaratan yang telah ditetapkan. Secara umum pemberian TPG ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus kesejahteraan Tenaga Pendidik. Hal tersebut ditegaskan H. Naharudin, Kakan Kemenag Lima Puluh Kota disela-sela monitoring dan evaluasi pembayaran TPG di MTsN 3 Lima Puluh Kota, Rabu (16/06).

Lebih lanjut dijelaskan Kakan Kemenag, "pemerintah memiliki komitmen yang kuat dalam meningkatkan kualitas pendidikan Nasional, komitmen tersebut dapat dilihat dari berbagai program strategis yang telah diluncurkan pemerintah, baik dalam upaya meningkatkan SDM pengelola pendidikan, sarana pendidikan dan tentunya juga kesejahteraan tenaga pendidik, salah satunya melalui pembayaran TPG ini, oleh sebab itu saya berharap kepada seluruh tenaga pendidik di madrasah untuk terus memacu diri dalam meningkatkan komptensi diri," harap Kakan Kemenag.

Disisi lain Kakan Kemenag menyampaikan, "berbagai lompatan prestasi yang telah diukur warga madrasah dalam dua dekade terakhir merupakan bukti nyata, bahwa madrasah mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lainya dalam melahirkan genarasi emas Indonesia. Oleh sebab itu kedepanya saya mengajak seluruh stakeholder terkait untuk tidak berpuas diri dalam melahirkan berbagai terobosan dan inovasi di lingkungan Madrasah," harap Bapak mudah senyum ini.

Terkait dengan inovasi di madrasah Kakan Kemenag menjelaskan, “Kementerian Agama memiliki enam program prioritas yang digerakkan secara kolektif baik dilevel Nasional maupun di unit kerja, salah satunya program stategis tersebut yaitu program tansformasi digital, saya berharap madrasah di Lima Puluh Kota berada digarda terdepan dalam implementasi program transformasi digital khususnya dalam layanan pendidikan di madrasah," harap Kakan Kemenag.  

Secara khusus Kakan Kemenag menyampaikan apresiasi kepada MTsN 3 Lima Puluh Kota yang pada tahun ajaran 2021-2022 mulai memperkenalkan program kelas digital di satuan pendidikan.

“Mudah-mudahan program rintisan tersebut dapat menjadi bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah," pungkasnya.

Sementara itu A..Mashar. A, Kepala MTsN 3 Lima Puluh Kota menjelaskan, pihaknya sedang mempersiapkan beberapa program transformasi digital dalam pengelolan pendidikan, salah satunya dengan lahirnya rintisan kelas digital pada tahun ajaran 2021-2022 ini, program ini tentu perlu dukungan SDM yang handal tidak hanya dalam konsep pendidikan tapi juga menguasasi ICT dengan baik, seluruh komponen penduduknya sedang kita siapa dengan baik," jelas Mazhar.

Terakhir atas nama pimpinan lembaga dan pribadi, "saya sampaikan apresiasi sekaligus ucapan terimaksih atas pembinaan serta dukungan yang telah diberikan oleh jajaran Kemenag Lima Puluh Kota dalam ikhtiar bersama memajukan pendidikan di madrasah kebangga kita ini," simpul Mazhar.(APP)