Kasi Haji Agam Sosialisasikan KMA 660 Tahun 2021 Kepada Calhaj Palembayan dan Matur

Kasi Haji Agam Sosialisasikan KMA 660 Tahun 2021 Kepada Calhaj Palembayan dan Matur

Palembayan, Humas-- Didampingi Ka. KUA Palembayan dan Matur, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kankemenag Agam  Zulkarnain Batubara sosialisasikan KMA No. 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji pada Tahun 1442 H/2021 M hari ini (16/06) di Masjid Raya Kecamatan Matur.  Camat Matur, Ketua MUI Matur, Penyuluh Agama Islam dan Pengurus Masjid Raya Matur turut hadir.

Kegiatan ini bernama Desiminasi dan Sosialisasi KMA No. 660 Tahun 2021 untuk Calhaj Palembayan dan Matur. 8 Calhaj berasal dari Palembayan dan 10 Calhaj dari Matur. Desiminasi adalah kegiatan penyebaran informasi yang ditujukan kepada kelompok agar memperoleh informasi, menerima dan akhirnya mengubah persepsi yang benar.

"KMA No. 660 Tahun 2021 M sudah kami kirimkan kepada Calon Jamaah Haji Kabupaten Agam. Perlunya kegiatan ini untuk meluruskan informasi-informasi hoax terkait pembatalan keberangkatan haji tahun ini. Dalam KMA ini sudah dijelaskan tentang tata cara pengembalian pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (Bipih) dan pengembalian pasport calon jamaah haji. Alhamdulilah, calon jamaah haji Agam menerima dengan ikhlas penundaan keberangkatan tahun ini karena pandemi covid 19. " Ujar Kasi Haji Kankemenag Agam Zulkarnain Batubara

"Pemerintah Arab Saudi sudah menyatakan Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun ini dibatasi hanya untuk Arab Saudi (Domestik) dan Ekspatriat saja. Pernyataan ini sekaligus menangkis informasi-informasi hoax terkait haji tahun ini." Tambah Zulkarnain Batubara

Ka. Kua Palembayan dan Matur mengucapkan terimakasih terhadap Ka. Kankemenag Agam melalui Kasi Haji, telah melaksanakan kegiatan ini untuk calon Jamaah Haji Palembayan dan Matur di Masjid Raya Matur.

"Alhamdulillah kami Kua Matur dan Palembayan berterimakasih terhadap Bapak Ka. Kankemenag Agam yang diwakili Bapak Kasi Haji Agam atas acara ini. Dengan Acara ini, calon Jamaah haji bisa klarifikasi  dan bertanya langsung terkait informasi-informasi haji yang valid, tepat, akurat dan terpercaya." Ujar Khaidir Abdi Ka. Kua Matur.

"Terimakasih kepada Bapak Ka. Kankemenag Agam sudah mempermudah Calhaj Palembayan di dua tempat acara. Bagi Calhaj Palembayan boleh mengikuti kegiatan ini di Lubuk Basung atau disini di Matur. Calhaj Palembayan ada yang dekat geografisnya dengan Lubuk Basung dan sebagian lagi dekat dengan Matur. Kegiatan ini menambah ilmu kami dan Calhaj yang hadir sekaligus membuat hati tentram tentang informasi-informasi haji. " Ujar Ka. Kua Palembayan Muhammad Irsyad

Pada kegiatan ini, Calhaj Palembayan dan Matur menerima kembali Pasport dari Seksi PHU Kankemenag Agam. Ka. KUA Palembayan dan Matur serahkan Pasport kepada jamaahnya masing-masing.

Pada sesi akhir, Calhaj diberikan kesempatan untuk curhat langsung kepada Kasi PHU Kankemenag Agam. Acara berlangsung dengan protokoler kesehatan dengan memakai masker dan jaga jarak. (irsyad)