Wujudkan Pembangunan Zona Integritas MAN 1 Sijunjung Bergerak "Cermat"

Wujudkan Pembangunan Zona Integritas MAN 1 Sijunjung Bergerak "Cermat"

Palangki (Humas)- Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sijunjung berkomitmen mewujudkan pembangunan zona integritas (ZI). Hal ini bertujuan mewujudkan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBK-WBBM) di MAN 1 Sijunjung. Sebagai gerak cepat madrasah aliyah pertama di Sijunjung ini berusaha memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat pengguna layanan. Ciptakan inovasi layanan dengan “Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), jelas Hj Yulhasni kepala MAN 1 Sijunjung.

Pelayanan satu pintu terdiri dari percepatan pelaksanaan meliputi pelayanan mutasi siswa (masuk/keluar), pengesahan fotocopy ijazah dan rapor, rekomendasi dan izin penelitian dan praktek lapangan bagi mahasiswa, mutasi Ptk pada simpatika, penambahan non satminkal pada simpatika, penerbitan Surat Keterangan dan Rekomendasi Lainnya, penerimaan Peserta Didik Baru Secara Online (Website Man 1), pelaksanaan ujian secara online (e-Learning). MAN 1 Sijunjung atau lebih dikenal dengan MAN Palangki juga telah memiliki domain sendiri yaitu  ‘http://Man1sijunjung.Sch.Id.”

Pelaksanaan layanan dalam rangka memenuhi amanat undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang “Pelayanan Publik” dan PMA Nomor 65 Tahun 2016 tentang “Pelayanan Terpadu pada Kementerian Agama”. Hal ini sejalan dengan Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 tentang “Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK-WBBM) dilingkungan Instansi Pemerintah”.

Saat ini madrasah aliyah terletak di “bukit berbunga” jalan lintas Sumatera nagari Palangki Kec. IV Nagari Kab Sijunjung akreditasi A. Minat tinggi terhadap madrasah ditandai jumlah siswa 477 orang, tenaga pengajar 47 orang dan tenaga kependidikan 13 orang. Tenaga kependidikan dibawahi oleh Kaur TU Mustatir.

Upaya dan kesungguhan bersama membangun wilayah zona integritas, dibuktikan raihan prestasi terpilih sebagai satker terbaik II Tahun 2020 dan satker terbaik I  pada triwulan 1 tahun 2021 dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kab Sijunjung, melalui website  penilaian mandiri pembangunan Zona Integritas (PMPZI).

Dimasa pandemi Covid-19 Ini MAN 1 Sijunjung tetap melaksanakan pelayanan, pembelajaran sesuai aturan dan Regulasi, tentu tetap mematuhi aturan protokol kesehatan (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengukur suhu tubuh, menghindari kerumunan, serta mengurangi  mobilisasi. MAN 1 Sijunjung bergerak dengan moto “Cermat” Cekatan, Ramah, Mudah dan Tuntas. Menerapkan pelayanan tanpa  pungut biaya dan bebas gratifikasi, sehingga terwujud madrasah hebat bermartabat “pelayan prima yes gratifikasi no”, demikian pungkas Hj Yulhasni diruang kerjanya.(mustatir/nori)