Operator Siwak Sijunjung Dapat Pendampingan Pendataan dari Kanwil Kemenag Sumbar

Operator Siwak Sijunjung Dapat Pendampingan Pendataan dari  Kanwil Kemenag Sumbar

Muaro Sijunjung (Humas),- Operator Siwak Sijunjung mendapatkan pendampingan pendataan dari Kanwil Kemenag Sumatera Barat, Rabu (23/6) di Aula Ikhlas Beramal Kantor Kemenag Kab Sijunjung. Disamping pendampingan juga dilaksanakan sosialisasi wakaf uang oleh Kasi Pemberdayaan wakaf bidang Penais Zawa Muslimah.

Muslimah harapakan pengembangan pengelolaan harta wakaf sesuai dengan kajian agama dan peraturan perundang-undangan wakaf berlaku di Indonesia. Kita kembangkan wakaf tidak hanya dalam bentuk fisik, namun juga pelaksanaan wakaf uang.

Sosialisasi diikuti oleh Kepala KUA Kecamatan, operator Siwak Kecamatan/kabupaten dan pengurus BWI Sijunjung. Menurut sumber data siwak.kemenag.go.id di kab Sijunjung terdapat 182 persil tanah akaf seluas 23.03 ha. Bersertifikan 153 persil dengan luas 21.96 ha, dan belum bersertifikat 29 persil luas 1.09 ha, data tanah wakaf diinput oleh operator kecamatan dan kabupaten.

Arahan kepala kantor Kemenag Sijunjung H Afrizal, apresiasi operator telah melakukan penginputan data dengan akurat. H Afrizal juga himbau Ka KUA supaya perhatikan tanah wakaf serta kelengkapan administrasinya. Tugas di KUA jangan terfokus hanya nikah rujuk, namun banyak hal lainnya diantaranya zakat, wakaf, haji dan kegiatan keagamaan lainnya.

Pembukaan sosialisasi dihadiri kepala Kemenag Sijunjung, Penyelenggara Zawa Joharudin, perwakilan pengurus BWI Sijinjung. Meski masih dalam proses penerbitan SK, namun pengurus BWI Sijunjung Edwin Suprayogi dan merupakan asisten III Pemda Kab Sijunjung tetap hadiri dan mengikuti sosialisasi sampai akhir. Kedepan insyaallah kita akan bersamakan pelaksanaan wakaf di Kab Sijunjung, sehingga dapat memajukan dan dimanfaatkan untuk wakaf produktif, ujar Edwin dalam sambutannya.(nori)