Melalui Pendampingan, Plt. Kakanwil Berharap Keseragaman Penyusunan Pelaporan

Melalui Pendampingan, Plt. Kakanwil Berharap Keseragaman Penyusunan Pelaporan

Padang, Humas—Mewujudkan good govermance di Lingkungan Instansi bukanlah hal mudah, salah satu tolak ukurnya adalah adanya pelaporan capaian kinerja yang akuntabel. Hal tersebut yang mendasari Sub Bagian Perencana, Data dan Informasi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat melaksanakan kegiatan Pendampingan Penyusunan Laporan Capaian Kinerja Tahun 2021, Kamis (24/06). 

Berdasarkan laporan Subkoordinator Subbag Perencana, Data dan Informasi Kanwil Kemenag Sumbar, H. Tan Gusli bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujdukan good govermance di lingkungan Kanwil Kemenag se-Sumatera Barat. Selain hal tersebut kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mempertanggungjawabkan serta melaporkan pencapaian sasaran kinerja, khususnya sasaran kegiatan dan juga untuk mencapai keselarasan antara Rencana Strategis (Renstra) dan perjanjian Kinerja yang ditetapkan satuan kerja.

Kegiatan yang dilaksanakan di Min 3 Kota Padang ini menurut Tan Gusli merupakan angkatan pertama dari 12 angkatan nantinya. “Total peserta yang ikut berjumlah 243 orang yang berasal dari 19 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kota dan Madrasah se Sumatera Barat. Dan ini merupakan kegiatan pertama dimana peserta berasal dari Kota Padang dan Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan jumlah peserta 23 orang, 8 dari Mentawai dan 15 dari Kota Padang,” lapornya.

Pelaksana Tugas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat yang hadir pada saat itu didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang, H. Marjanis dan Kepala MIN 3 Kota Padang, Yul Efendi mengapresiasi adanya kegiatan tersebut mengingat urgennya manfaat dari adanya pendampingan tersebut.

“Saya apresiasi gerak cepat dari Subbag Perencana Data dan Informasi yang mengadakan kegiatan ini, mengingat hasil dari laporan Capaian Kinerja nantinya akan sangat berpengaruh terhadap penerimaan tunjangan kinerja kita, ini menyangkut hajat hidup orang banyak,”ujarnya.

Lebih Lanjut dijelaskan H. Syamsuir, “Kinerja Kementerian Agama memiliki peran yag sangat strategis di dalam penyeleggaraan pemerintah membant presiden dalam dua bidang yaitu sebagai penyelenggara urusan pemerintah di bidang agama dan penyelenggara urusan pemerintah di bidang pendidikan.”

“Tentu Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat harus maksimal mencapai pelaksanaan kinerja sesuai target yang telah ditentukan,” tambahnya. 

Plt. Kakanwil menekankan, segala kegiatan harus ada pelaporan yang akuntabel, sebagus apapun kerja tanpa ada pelaporan tidak akan bernilai, namun jika dilaporkan dengan baik maka akan mampu mendorong instansi pemerintah mewujudkan good  governance.

Penyusuan Laporan Capaian Kinerja ini diharapkan mampu mendorong instansi pemerintah untuk menyelenggarakan tugas pemerintahan dan pembangunan secara baik dan benar, mendorong tumbuhnya instansi pemerintah yang akuntabel sehingga beroperasi secara efesien, efektif dan responsive terhadap aspirasi masyarakat. 

“Kita berharap seluruh pelaporan satker di bawah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat,” harapnya diakhir.

Adapun yang menjadi sasaran peserta dari kegiatan ini adalah Kaur TU Madrasah, Kasubbag TU dan Perencana, analis Keuangan serta Pranata Komputer. [dw]