Kepala MAN 2 Pesisir Selatan mengikuti Kegiatan Rakor Pelaksanaan SE No. 15 Tahun 2021 Secara Virtual.

Kepala MAN 2 Pesisir Selatan mengikuti Kegiatan Rakor Pelaksanaan SE No. 15 Tahun 2021 Secara Virtual.

Painan, Humas--Dalam rangka pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1442 H dan Qurban yang akan dilaksanakan di madrasah, Kepala MAN 2 Pesisir Selatan melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang pelaksanaan hari raya idul adha 1442 H dan Qurban, Kamis (24/06). Hal itu diatur dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama (Menag) RI Nomor 15 Tahun 2021, yang di ikuti Kakankemenag Kab./Kota, Kasi Bimas, Kepala Madrasah (MA, MTs dan MI), Kepala KUA se Sumatera Barat dilingkungan masing-masing. 

Kepala MAN 2 Pesisir Selatan Ahmad Asdi yang mengikuti kegiatan tersebut secara virtual mengatakan, pelaksanaan salat Iduladha ditiadakan pada daerah zona merah dan orange. Salat Iduladha dibolehkan pada daerah yang dinyatakan aman covid-19 dan di luar zona merah dan orange. Ini tentunya berdasarkan penetapan pemerintah daerah dan satgas penanganan covid-19 daerah masing-masing. Selain itu, surat edaran tersebut juga mengatur tata cara penyembelihan hewan kurban sesuai petunjuk penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Sementara untuk penyembelihan hewan qurban, dilaksanakan selama tiga hari, tanggal 11, 12, dan 13 Zulhijjah untuk menghindari kerumunan. Pemotongan hewan qurban dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan Ruminasia (RPH-R). “Dalam hal keterbatasan jumlah dan kapasitas RPH-R, pemotongan hewan qurban dapat dilakukan di luar RPH-R, dengan protokol kesehatan yang ketat. Tambah Ahmad Asdi. 

Ahmad Asdi juga mengatakan, distribusi daging qurban diharapkan langsung kepada warga di rumahnya. Antisipasi terjadinya kerumunan-kerumunan. Dan selalu berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 setempat. 

Berharap pada pelaksanaan Hari Raya Idul adha dan qurban nanti berjalan lancar, karna MAN 2 Pesisir Selatan juga melaksanakan qurban di madrasah yang insyaallah akan kita laksanakan sesuai dengan surat edaran dan peraturan yang berlaku. Harap Asdi (Indra)