MAN 2 Agam Laksanakan Pendampingan Akreditasi Madrasah Swasta

MAN 2 Agam Laksanakan Pendampingan Akreditasi Madrasah Swasta

Agam, Humas---MAN 2 Agam melaksanakan kegiatan pendampingan akreditasi madrasah swasta di sekitar lingkungannya, Kamis, (24/6) di MAN 2 Agam. Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa sekolah swasta di antaranya MAS Muhammadiyah Pakan Sinayan, MAS Muallimin Sawah Dangka, MAS As Syarif Koto Laweh, MAS TI Gobah.

Dalam pendampingannya, Teti Mardiati, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum menyampaikan, kegiatan akreditasi merupakan lisensi penentu dari pemerintah dalam pengelolaan dunia pendidikan.  “Perolehan nilai akreditasi tersebut akan mempengaruhi standar dan kualitas lembaga pendidikan atau madrasah sebagai pengelola pendidikan.” ujar Teti.

Lebih lanjut Teti mengungkapkan, akreditasi sangat penting bagi madrasah atau satuan pendidikan guna menunjang promosi sebagai upaya menarik minat masyarakat untuk mendaftarkan anaknya di madrasah.

Kepala MAN 2 Agam, Al Hilal di kesempatan tersebut menyampaikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional secara bertahap, terencana dan terukur, sesuai dengan amanat UU No 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, BAB XVI bagian kedua pasal 60 tentang akreditasi, pemerintah melakukan akreditasi untuk menilai kelayakan program atau satuan pendidikan demi mewujudkan layanan prima kepada publik.

Al Hilal juga menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab MAN 2 Agam karena telah ditunjuk oleh kemenag sebagai koordinator pendampingan akreditasi bagi madrasah/lembaga pendidikan di lingkungan MAN 2 Agam. “Semua upaya ini dilaksanakan untuk meningkatkan mutu, kinerja, kondisi, dan perangkat kependidikan madrasah secara berkelanjutan.” ungkap Al Hilal.***Mira Elfia