Kakan Kemenang Pessel, Sambut Rombongan Kankemenag Tanah Datar Dalam Rangka Sharing Session Pembangunan ZI-WBK

Kakan Kemenang Pessel, Sambut Rombongan Kankemenag Tanah Datar Dalam Rangka Sharing Session Pembangunan ZI-WBK

Painan, Humas -- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Abrar Munanda didampingi Kasubbag TU , kepala seksi dan penyelenggara, serta Tim Pokja Pembangunan Zona Integritas menerima kunjungan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar, Jum'at, (2/7). Rombongan yang berjumlah lebih kurang 50 orang dipimpin langsung Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar, Syahrul.

Maksud dan tujuan dari kunjungan tersebut selain bersilaturahmi, juga sekaligus dalam rangka sharing session terkait dengan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK dan WBBM).

Kakan Kemenag Pessel, Abrar Munanda dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada rombongan Kankemenag Tanah Datar di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, yang terkenal dengan julukan negeri sejuta pesona.

"Ada dua hastag yang dikenal di Kabupaten Pesisir Selatan, yang pertama yaitu Negeri Sejuta Pesona, kemudian yang kedua Pasisia Rancak. Ini menjadi pelecut bagi kami di kementerian agama, bagaimana menjadikan salah satu dari sejuta pesona itu adalah pesonanya atau prestasi dari Kemenag Pessel," ujar Abrar.

Abrar juga mengatakan, apa yang telah dikerjakan selama ini bukanlah dari nol, tetapi melanjutkan atas pendahulu-pendahulu sebelumnya atau merupakan estafet, dan didukung penuh oleh seluruh ASN, hingga lahirlah delapan program inovasi pelayanan publik di Kankemenag Pessel.

Abrar juga menjelaskan langkah-langkah dan progres pembangunan zi menuju WBK di Kankemenag Pessel diantaranya membuat komitmen, pembentukan perangkat ZI-WBK, melengkapi sarana dan prasarana pelayanan, kemudian dilanjut dengan pembangunan ZI-WBK.

Pada kesempatan tersebut, Abrar Munanda juga menyampaikan bahwa, Kabupaten Pesisir Selatan saat ini memiliki 72 madrasah, dengan 42 madrasah swasta dan 30 madrasah negeri yang terdiri dari 13 MIN, 13 MTsN dan 4 MAN.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar, Syahrul mengatakan bahwa, selain sharing session terkait kiat-kiat apa saja yang sudah dilakukan Kankemenag Pessel dalam membangun Zona Integritas menuju WBK dan WBBM, kita juga melakukan kegiatan pertandingan persahabatan olahraga diantaranya bulu tangkis, tenis meja, dan bola voli," terang Syahrul.

Syahrul berharap bisa membawa apa yang telah didapat di Pesisir Selatan nantinya ke Tanah Datar. "Kapan perlu, kami akan cangkok pohon integritas yang ada di Kankemenag Pessel ini, akan kami bawa dan tanam di Kankemenag Tanah Datar," ujar Syahrul yang merupakan putra Pesisir Selatan dan juga pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan.

Pada akhir acara dilaksanakan pemberian cendera mata dari Kankemenag Pesisir Selatan kepada Kankemenag Tanah Datar dan dari Kankemenag Tanah Datar ke Kankemenag Pesisir Selatan, kemudian dilanjut dengan foto bersama. (zn)