Revitalisasi KUA MKS, Kabid Urais Binsyar Berikan Pembinaan

Revitalisasi KUA MKS, Kabid Urais Binsyar Berikan Pembinaan
Revitalisasi KUA MKS, Kabid Urais Binsyar Berikan Pembinaan
Revitalisasi KUA MKS, Kabid Urais Binsyar Berikan Pembinaan

Bukittinggi, Humas--Kakan Kemenag Kota Bukittinggi melalui Kasi Bimas Islam H. Zulfakhri didampingi Kepala KUA Mandiangin Koto Selayan Syaripuddin menyambut kedatangan Kabid. Urais Binsyar Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H.Edison beserta tim, Rabu (30/06) di KUA Kecamatan Mandiangin Koto Selayan. 

Kedatangan tim dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat tersebut dalam rangka memberikan pembinaan terkait Revitalisasi KUA, pentingnya keberadaan data, pembinaan kemasjidan dan sosialisasi surat edaran Menteri Agama nomor 15 tahun 2021. 

H. Edison Kabid. Urais Binsyar Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat mengatakan. "Menteri Agama mencanangkan program Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) 2021. Program ini menyasar 100 KUA di tahun ini termasuk salah satunya KUA Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi. Untuk mensukseskan program Revitalisasi KUA tersebut kita harus membenahi berbagai hal seperti update data. Hal ini sangat penting termasuk data masjid," katanya memberikan arahan 

Selanjutnya H. Edison beserta tim juga mensosialisasikan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2021 tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam Penyelenggaraan Salat Iduladha dan pelaksanaan qurban 1442 H. 

Dilain kesempatan kepada Humas Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi H. Zulfakhri menjelaskan 
Program revitalisasi KUA merupakan upaya Kementerian Agama untuk mewujudkan KUA sebagai pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel, dan moderat guna meningkatkan kualitas umat beragama.  

"Terdapat empat tujuan strategis dari revitalisasi KUA yaitu untuk meningkatkan kualitas umat beragama, untuk memperkuat peran KUA dalam mengelola kehidupan keberagamaan, untuk memperkuat program dan layanan keagamaan dan untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan KUA sebagai pusat layanan keagamaan", kata Kasi Bimas Islam yang enerjik ini.