Kakan Kemenag : Tangan di Atas Lebih Baik dari Tangan di Bawah

Kakan Kemenag : Tangan di Atas Lebih Baik dari Tangan di Bawah

Dharmasraya, Humas—Kegiatan Jumat Berkah di KUA Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya, Jumat (2/07) dimotori langsung Ketua DWP Kemenang Dharmasraya Ny. Afrida Abdel Haq. Kegiatan tersebut dihadiri Kakan Kemenag Dharmasraya diwakili Kasubbag TU, H. Hamid Arwani beserta istri.

Selain ketua DWP, hadir pula anggota DWP  Kemenag Kabupaten Dharmasraya, Kepala KUA Sitiung Heranto beserta isteri, Penyuluh Agama Fungsional Firda Zahara Akmal, Staf KUA Syafrianti, dan seluruh Penyuluh Agama Honorer Kecamatan Sitiung.

Jumat Berkah kali ini berasal dari donatur yang tidak mengikat dan diserahkan kepada 2 orang masyarakat sekitar. Masing-masing mendapatkan 5 Kg beras, 2 liter minyak makan, dan 1 lapik telur.

Ketua DWP Kemenag Dharmasraya Ny. Afrida Abdel Haq mengajak dan berpesan supaya kegiatan Jumat Berkah terus dilaksanakan. Ia berharap, seluruh keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya ikut andil dan mendukung kegiatan tersebut.

“Berikan yang terbaik bagi orang yang membutuhkan. Mereka sangat membutuhkan uluran tangan dari kita untuk mengeluarkan mereka dari kesulitan hidup. Sebagai orang Kemenag, sudah seharusnya kita peduli dengan kehidupan mereka,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, H. Hamid Arwani menyampaikan sebuah hadist dari Bukhari Muslim tentang berbagi.

“Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Dan mulailah dari orang yang menjadi tanggunganmu. Dan sebaik-sebaik sedekah adalah yang dikeluarkan dari orang yang tidak membutuhkannya. Barangsiapa menjaga kehormatan dirinya maka Allah akan menjaganya dan barangsiapa yang merasa cukup maka Allâh akan memberikan kecukupan kepadanya’.”

Melalui hadist tersebut, ia mengajak untuk terus bersemangat dalam berbagi ke setiap sendi-sendi kehidupan. Menurutnya, memberi adalah sesuatu yang sangat mulia sebagaimana yang telah dilakukan oleh para sahabat terdahulu.

Selepas kegiatan tersebut, dilaksanakan penyerahan bantuan bahan pokok seperti beras, telur, dan minyak makan kepada santri Pesantren Madinah Munawarah, Sitiung.

Sebelumnya, Jumat (25/06), pelaksanaan Jumat Berkah dilakukan di KUA Kecamatan Pulau Punjung. Selain itu, DWP Kemenag turut hadir menjenguk anak dari Plt. Kepala KUA Tiumang Mahdi Fitra yang sedang sakit. (Ind)