H.Alizar Ajak ASN Kemenag Sosialisasikan SE 17/2021

H.Alizar Ajak ASN Kemenag Sosialisasikan SE 17/2021

Koto Baru, Humas. Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok H. Alizar kembali mengajak msyarakat untuk memperketat protokol kesehatan teruatama pada Idul Adha nanti. "Jangan sampai Qurban menambah korban," ujarnya.

Hal ini disampaikan oleh H. Alizar dalam pertemuan dengan ASN Kantor Kemenag Kab. Solok, Senin (5/7) di aula Hubbul Wathan. Dalam pertemuan ini disampaikan Surat Edaran Menteri Agama (SE Menag) nomor 17 tahun 2021 tentang pelaksanaan ibadah saat penerapan PPKM Darurat.

Disampaikannya, bahwa SE Menag nomor 17 ini mempertegas SE 15 tentang upaya pencegahan penyebaran Covid-19 saat pelaksanaan ibadah Idul Adha dan Qurban.

Dijelas oleh H. Alizar, dalam surat edarat tersebut diimbau kepada masyarakat untuk meniadakan ibadah ditemoat ibadah selama pemberlakuan PPKM Darurat."Khusus untuk kita Kabupaten Solok menyikapi dengan arif, laksanakan ibadah dengan memberlakukan protokol kesehatan secara ketat. Pengurus maupun panitia harus memperhatikan khusus prokes ini," jelasnya.

Larangan juga diberikan pada pelaksanan malam takbiran dan salat Idul Adha. Berkumpul dan berkerumun pada saat takbiran dan salat ied berpotensi menularnya virus terebut, untuk itu mari kita putus penyebarannya dengan mematuhi social distancing," ulasnya.

H. Alizar juga menyampaikan, selain takbiran dan salat Ied, peleksanaan kurban juga rentan terhadap penyebaran covid-19, karena saat pelaksanaan masyarakat berkumpul, mulai dari penyelenggaraan hingga pendistribusian.

"Untuk itu selaku ASN Kementerian Agama mari kita ajak masyarakat mematuhi edaran Menteri ini, yang bertujuan memperkecil ruang gerak virus corona di tengah masyarakat. Jangan sampai ibadah dan kegiatan ditempat ibadah menjadi kluster baru," ajar H. Alizar.

Dalam pertemuan ini, selain pelaksanaan ibadah Idul Adha dan Kurban, H. Alizar juga mengingatkan proses PPDB Madrasah untuk tetap menerapkan 5M dengn ketat.

Sementara itu Kepala Subbag TU Kantor Kemenag Kab. Solok, H. Fuadi Nawawi menambahkan, selain tentang pelaksanaan ibadah Idul Adha dan Kurban, Menteri Agama juga mengeluaran Surat Edaran terkait jam kerja dan pelayanan ditengah PPKM dan pandemi ini.

"Namun peneraan di Kantor Kemenag Kab.Solok menyesuaikan dengan kondisi daerah dan intruksi lebih lanjut. Namun yang pasti penerapan 5M di kantor Kemenag tetap diberlakukan optimal. Baik untuk ASN maupun pelayanan dan tamu," sebut H. Fuadi. Fendi