ASN Kemenag Dharmasraya Diberikan Pelatihan Wawasan Kebangsaan

ASN Kemenag Dharmasraya Diberikan Pelatihan Wawasan Kebangsaan

Dharmasraya, Humas—Sebanyak 30 orang ASN Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya mendapatkan Pelatihan Wawasan Kebangsaan bagi Aparatur Sipil Negara yang dilaksanakan oleh Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK) Padang di Aula KUB Dharmasraya, Senin (05/07).

Dalam arahannya, Kakan Kemenag Dharmasraya, H. Abdel Haq mengajak para peserta untuk semangat dalam mengikuti pelatihan. Menurutnya, pelatihan ini sangat berguna untuk wawasan kebangsaan bagi ASN Kemenag Dharmasraya.

“Diharapkan, selepas pelatihan ini, para peserta mampu menguasai materi dan bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat. Sebab, ASN juga merupakan agen perubahan di tengah-tengah masyarakat.”

“Kita harus kembali belajar sejarah. Sebagaimana pepatah, tak kenal maka tak sayang, maka kita harus tau seluk belum bangsa kita. Dengan begitu, cinta tanah air akan lahir,” jelasnya.

“Untuk itulah, kita harus mengerti historis kebangsaan. Semangat patriotisme harus dinyalakan, dikobarkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika tidak, kita akan rapuh. Makanya, kita harus memahami wawasan kebangsaan. Kalau tidak punya, kita tidak akan tahu menahu sejarah bangsa sendiri,” tuturnya.

Kakan Kemenag mengatakan, kegiatan ini akan mampu meningkatkan kecintaan kepada bangsa dan negara. Apalagi jumlah ASN dan madrasah negeri di Kabupaten Dharmasraya sangat terbatas. Maka pelatihan di Dharmasraya layak diutamakan.

“Maka pelatihan di Dharmasraya layak diprioritaskan dan utamakan oleh BDK, mengingat terbatasnya ASN yang bertugas di sini, begitu juga dengan SDM yang tersedia," pungkasnya.

Latar belakang lahirnya Pelatihan Wawasan Kebangsaan berasal dari PMA nomor 19 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pelatihan Sumber Daya Manusia pada Kementerian Agama. Pelatihan dilaksanakan selama enam hari, dimulai dari tanggal 05 s.d 10 Juli 2021. (Ind)