MTsN 1 Kota Pariaman Adakan Lokakarya TP. 2021/2022

MTsN  1  Kota  Pariaman Adakan Lokakarya TP. 2021/2022

Pariaman,  Humas--Lokakarya  di MTsN 1  Kota  Pariaman,  merupakan agenda  rutin tahunan yang dilaksanakan  sebelum memasuki tahun ajaran  baru.  Lokakarya  ini dalam  rangka  untuk meningkatkan  kompetensi  dan  profesionalitas  Pendidik  dan Tenaga  Kependidikan. 

Kepala  MTsN 1  Kota  Pariaman, Nur Eliwati  dalam laporannya,  “Lokakarya  merupakan  agenda  rutin  tahunan  yang dilaksanakan. Kegiatan lokakarya  MTsN 1 Kota dengan tema, Melalui Lokakarya  Kita  Tingkatkan Kompetensi dan Profesionalitas Pendidik dan Tenaga  Kependidikan dalam mewujudkan  Madrasah Mandiri dan Berprestasi, bertujuan meningkatkan kompetensi  Pendidik dan Tenaga  Kependidikan, mengembangkan wawasan  para pendidik dan tenaga Kependidikan, mengasah diri  untuk mengasah keterampilan membuat perangkat pembelajaran, mempersiapkan materi pembelajaran,  mempersiapkan soal ujian," ungkapnya.

"Atas seizin Kepala Kakan Kemenag,  kemarin Minggu (4/7) telah dimulai materi oleh Feri Fren dari LPMP  Sumatera Barat  dengan materi Asesmen Kompetensi Minimum untuk siswa  kita. Namun, harus  dipersiapkan  dari gurunya  terlebih dahulu," tuturnya.

Kegiatan lokakarya dilaksanakan selama dua hari mulai Minggu dan Senin (4-5/7) dengan jumlah peserta 70   orang, berasal dari MTsN 1  Kota  Pariaman berjumlah 65 orang, KKM MTs Al-Jamiliyah 5  orang.

Adapun materi yang diharapkan  dalam lokakarya yaitu Asesmen Nasional, Teknik Pembuatan Soal, Pengembangan dokumen satu, pembinaan oleh Kepala  Kantor Kemenag  Kota Pariaman dengan Materi  Kebijakan Kemenag  Kota  Pariaman  dalam meningkatkan Madrasah.

Adapun narasumbernya  dari  unsur  Kakan Kemenag Kota Pariaman, LPMP  Sumbar, Pengawas/ Waka. Kurikulum Madrasah. Hasil yang  diharapkan nantinya, meningkatnya kemampuan, keterampilan, wawasan guru  sesuai motto Madrasah: Madrasah  Mandiri, dan Berprestasi yang dimulai  dari  guru  dan  pegawai.

Ketua  Komite  MTsN 1  Kota  Pariaman, H. Syamsuardi Z mengatakan persiapan  menghadapi  PBM  terbatas, dengan siap  menghadapi vaksin  untuk mencegah  Covid-19.  Dalam pendidikan  berupaya  meningkatkan pendidikan, alhamdulillah MTsN 1  Kota  Pariaman  semakin maju  dan berjaya.  Banyak sekali  prestasi  yang diperoleh  dan  komite  mendukung apapun  program  yang  di jalankan MTsN  1  Kota  Pariaman.

H. Miswan, Kepala  Kakan Kemenag Kota Pariaman menyampaikan, "dalam motto  Madrasah  dahulu, Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik  Madrasah,  di satu  sisi madrasah dimana-mana  mulai  diminati  dan  dilirik  masyarakat, karena  kita sudah   Madrasah  Hebat dan Bermartabat."

"Lalu  Mandiri  dan Berprestari, bahwa  kekuatannya  ada  di Madrasah,  mandiri  dan berusaha  bersama  masyarakat menjadikan Madrasah mandiri.  Disamping itu guru harus ditingkatkan Kompetensinya yaitu  Kompetensi  Pedagogik, Profesional, Kepribadian, dan Sosial dan juga meningkatkan prestasinya," sambungnya.

Kegiatan lokakarya dibuka Walikota Pariaman diwakili Asisten II bidang Pembangungan dan Umum, Sumiramis. Turut hadir Kakan Kemenag Kota  Pariaman,  H. Miswan, Kasi Pendis Kota  Pariaman, Syaiful Azhar, Ketua  Komite MTsN 1  Kota  Pariaman, H. Syamsuadi Z. (Tasrif)