Asesmen Nasional, Memotret Mutu Pendidikan

Asesmen Nasional, Memotret Mutu Pendidikan

Pariaman,  Humas--Asesmen Nasional merupakan  pemetaan  mutu  pendidikan  pada  seluruh Sekolah, Madrasah  dan  program kesetaraan  pada  jenjang Dasar  dan Menengah.  Asesmen Nasional  yang akan dilaksanakan  pada  bulan September 2021  yang akan  datang mencakup  AKM Literasi Numerasi, Survey  Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.

Feri Fren, Widyaiswara LPMP Sumbar sebagai pemateri  Lokakarya  MTsN 1  Kota  Pariaman  pada  Minggu (4/7) menyampaikan materi Asesmen  Nasional dan AKM.  

Dalam paparannya Feri Fren menyatakan, Asesmen   Nasional dirancang untuk memotret mutu input, proses dan hasil belajar mencerminkan kinerja  sekolah, sebagai  umpan balik  yang  objektif dan komperensip   bagi manajar  sekolah atau  madrasah.

"Untuk  itu  Madrasah  harus  mempersiapkan  untuk   mengembangkan budaya menulis (guru),  mengembangkan creative (critical thingking),  mengembangkan lingkungan Madrasah  yang literatif," tuturnya.

Guru harus mepersiapkan diri dengan pembelajaran mengembangkan kemampuan nalar  dan logika,  pembelajaran yang kaya dengan literasi dan pembelajaran  yang mendorong skill  berpikir  tingkat  tinggi.

Dalam literasi membaca, dikatakan bahwa   kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, mereflesikan  berbagai jenis  teks  tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai  warga  Indonesia dan  warga   dunia  serta  untuk berkontrobusi secara produktif kepada  masyarakat.

Diakhir ia menyampaikan, "dalam  informasi Asesmen Nasional   memfamilierkan  mata pelajaran  supaya  lebih  terbiasa dan  terlatih  dengan baik  dalam membuat soal  dan  penilaian."   (Tasrif  )