Camat IV Koto Buka Acara Matsama TA 2021/2022 di MTsN 3 Agam

Camat IV Koto Buka Acara Matsama TA 2021/2022 di MTsN 3 Agam

Balingka, humas -- Matsama merupakan serangkaian kegiatan pengenalan lingkungan madrasah kepada siswa baru. Pengenalan itu meliputi kegiatan rutin madrasah, fasilitas, nilai dan norma yang berlaku, pengenalan organisasi, sistem pembelajaran, karakter, budaya serta pengenalan civitas madrasah. Matsama MTsN 3 Agam diikuti oleh 191 siswa-siswi baru, dipandu oleh guru, pembina OSIM, dan wali kelas sebagai penyelenggara.

Matsama pada tahun ajaran 2021-2022 Indonesia masih belum terbebas dari pandemi Covid-19 sehingga pola pelaksanaan matsama pun harus mengalami beberapa penyesuaian sesuai dengan standar protokol kesehatan di madrasah yang sudah ditetapkan pemerintah. Pada kegiatan matsama tahun ini, siswa yang dihadirkan ke madrasah hanya siswa-siswi baru, artinya kurang dari 50% siswa madrasah yang dihadirkan ke madrasah. Semua siswa yang dihadirkan diwajibkan pakai masker, dan mematuhi protokol kesehatan lainnya.

Kegiatan Matsama dan pembukaan tahun ajaran baru 2021-2022 diawali dengan pelaksanaan upacara bendera. Kegiatan ini dihadiri oleh Camat IV Koto dan KUA IV Koto. Dalam pelaksanaan upacara bendera di hari pertama sekolah ini dipimpin langsung oleh Camat IV Koto, Ekko Espito.  Dalam pidatonya beliau berpesan agar peserta didik lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap pendemi covid-19 dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan agar izin tatap muka ini bisa terus berlanjut.

“Izin tatap muka ini tentunya masih dalam masa percobaan, kita lihat perkembangan ke depannya. Untuk itu, Kami berpesan kepada anak-anak semua, disiplinlah dalam mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, dan sering cuci tangan. Jika tidak, bisa saja kesempatan tatap muka ini akan terhenti dan kita bisa kembali belajar daring”.

Setelah pembukaan matsama oleh Camat IV Koto, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian kelas, pembentukan perangkat kelas, dan pembagian surat pernyataan orang tua untuk mengahadapi pembelajaran tatap muka pada masa pandemi covid-19. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan rapat dinas menyambut tahun ajaran baru 2021-2022 yang dipimpin langsung oleh Kepala MTsN 3 Agam.

Kepala MTsN 3 Agam, Desmawita pada rapat dinas tersebut mengimbau seluruh guru dan pegawai untuk lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan beliau berharap semoga pelaksanaan Matsama ini berjalan dengan lancar sampai di hari penutupan meskipun dalam situasi pandemi covid-19 .Pelaksanaan Matsama hari pertama ini akan dievaluasi untuk hari ke-2 dan ke-3 agar segala kendala di hari pertama pelaksaan dapat diminimalisasikan.

Semoga melalui kegiatan inilah dapat menjadi  langkah awal dalam menentukan keberhasilan seluruh proses pembelajaran di madrasah tercinta ini bagi seluruh peseta didik baru di MTsN 3 Agam”, harap Kepala MTsN 3 Agam saat ditemui di ruangannya. (Ayu)