Kakan Kemenag Buka MATSAMA MAN 1 Solok Plus Keterampilan

Kakan Kemenag Buka MATSAMA MAN 1 Solok Plus Keterampilan

Koto Baru, Humas. 249 siswa baru MAN 1 Solok mengikuti Matsama yang dibuka oleh Kakan Kemenag H.Alizar, Senin (12/7). Sebelumnya, diagendakan Kakan Kemenag Kab.Solok akan membuka kegiatan masa ta'aruf siswa madrasah (Matsama) MAN 1 Solok Plus Keterampilan ini dilapangan basket madrsah setempat, namun karena hujan acara dipindahkan ke musala Jabal Nur.

Kepala MAN 1 Solok Plus Keterampilan, Syukrizal, dalam laporannya menyampaikan, bahwa untuk tahun ajaran 2021/2020, madrasahnya menerima 249 siswa baru untuk tiga jurusan.

"Alhamdulillah 249 orang siswa baru MAN 1 Solok Plus Keterampilan ini berada di jurusan IPA dengan 2 lokal dengan jumlah siswa 66 orang Jurusan IPS 3 lokal 87 orang
Jurusan Agama 3 lokal 96 orang," urai Syukrizal.

Syukrizal menambahkan, bahwa siswa angkatan 2021/2022 ini merupakan yang pertama dengan status baru Plus Keterampilan. "Tentu ini akan menjadi kebanggaan tersendiri karena selain belajar ilmu agama, ilmu pengetahuan juga mndapat tambahan ilmu keterampilan lainnya setamat dari sini nanti," ulasnya.

Menutup laporannya Syukrizal mengatakan, penetapan jurusan ini setelah para siswa mengikuti test psikologi, minat dan bakat. Sehingga diharpakan jurusan yang didudukinya menjadi gerbang prestasi selama menjadi siswa MAN 1 Solok.

Kepala Kantor Kemenag kab. Solok H.Alizar dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung kepada 249 siswa baru di MAN 1 Solok Plus Keterampilan.

"Selamat datang dan selamat bergabung ananda sekalian, jadikanlah waktu 3 tahun di madrasah adiwiyata ini sebagi kesempatan meraih prestasi, sekaligus mencatatkan nama ananda sebagai yang terbaik di Kabupaten Solok, Sumatera Barat dan Nasional," ujar H.Alizar memberi semangat.

Disebutkannya, Kementerian Agama sekalu lembaga yang mewadahi pendidikan madrasah, memberi kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk berprestasi, baik secara akademik, maupun non akademik seperti olahraga, seni dan pramuka.

"Sekarang peluang prestasi bertambah lagi dengan ditetapkannya MAN 1 Solok ini sebagai madrasah plus keterampilan. Jadi banggalah ananda semua, karena ananda dipersiapkan menjadi insan yang beriman, berilmu dan mengusai teknologi," ujar H.Alizar dengan senyum khasnya.

Menutup sambutannya H.Alizar berharap, 249 siswa baru ini nantinya akan insan-insan berprestasi kebanggan madrasah, kebanggaan Kabupaten Solok danyang pasti membanggakan orangtua masing-masing. Hengki|Fendi