Azizul Hayati Buka PBM Semester Ganjil dan MATSAMA TP 2021/2022 Di MAN 1 Agam

Azizul Hayati Buka PBM Semester Ganjil dan MATSAMA TP 2021/2022 Di MAN 1 Agam

Maninjau Humas, Proses Belajar Mengajar (PBM) Semester ganjil 2021/2022 di MAN 1 Agam dimulai melalui Pembelajaran secara tatap muka terbatas, hal ini dilakukakan atas dasar Surat Instruksi  dari Bupati Agam dan Pihak kantor kementerian Agama Kabupaten Agam.  Hari ini Senin (12/07/2021) Pembukaan PBM di semester ini dilakukan secara sederhana di Halaman Utama MAN 1 Agam dalam acara Uapacara Bendera  yang dipimpin lansung oleh Kepala MAN 1 Agam Azizul Hayati , sekaligus sebagai Signal di mulainya MATSAMA ( Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) bagi Siswa kelas X Tahun pelajaran 2021/2022

Azizul Hayati saat di Tanya tentang pembelajaran Tatap Muka disaat masih ada sekolah lain melakukan PBM secara Daring, Kepala MAN 1 menjelaskan, adapun  Instruksi  dari Bapak Bupati Agam No 4 Tahun2021  tanggal 30 Juni 2021, serta Surat Edaran dari kantor Kemenag Kab.Agam tanggal 09 Juli 2021Tentang Izin PBM Tatap muka terbatas merupakan payung Hukum bagi kita di MAN 1 Agam untuk melaksanakan PBM secara tatap muka dengan terlebih dahulu telah memenuhi seluruh Regulasi yang diberlakukan di masa Pandemi ini, mulai dari Vaksinasi bagi tenaga pendidik dan kependidikan sampai kepada sarana perlengkapan yang sesuai dengan Prokes,”

Lebih lanjut Azizul menambahkan, PBM yang kita laksanakan bersifat kondisional, artinya bisa saja sewaktu waktu nanti  berubah ke pada Daring beradasarkan kondisi dan lahirnya Surat edaran dari Pihak terkait baik Bupati Agam maupun Pihak Kantor Kemenag Kab. Agam, namun kita tetap berdoa semoga kondisi hari ini dan akan datang tetap berada pada posisi yang kondunsif untuk proses Belajar Mengajar, agar pemenuhan untuk proses belajar mengajar lebih maksimal” Ungkapnya.

Proses belajar mengajar di MAN  Agam untuk semester ini dengan menggunakan sistim pergantian Hari belajar, hal ini dilakukan berkenaaan dengan antisipasi dan ikhtiar dalam menjaga dan memutus mata rantai perkembangan Viru Corona serta wujud kepatuhan terhadap regulasi yang ada. Hal ini dibenarkan oleh Taufiq, Waka Bid. Kurikulum menuturkan,” Setelah mempertimbangkan Hari Belajar serta Muatan Mata pelajaran perminggu, langkah yang tepat untuk PBM di MAN 1 Agam adalah dengan cara berganti hari, Senin, selasa dan Rabu Khusus untuk Siswa kelas X dan XI dan disusul Kamis, Jumat dan Sabtu kelas XII dan menyesuaikan Durasi yang akan terpakai.” ungkapnya.

Saat yang bersamaan PBM bagi Kelas XI dan XII berlangsung , kegiatan Wajib di awal tahun yang dikenal dengan MATSAMA bagi siswa kelas X tetap berlangsung dibawah kendali M. Syukur. Hal ini tidak mengurangi dari kegiatan PBM bagi kelas lain. M. Syukur Waka Bid Kesiswaan  selaku Ketua Pelaksana MATSAMA  memberikan komentarnya,” Kegiatan MATSAMA yang kita gelar hari ini dan dua hari kedepan, merupakan agenda tahunan dan mesti dilaksanakan, mengingat kegiatan ini merupakan sebuah media untuk memperkenalkan MAN 1 Agam ke peserta didik yang baru saja menginjak kakinya di Madrasah ini, sekaligus untuk memberikan nutrisi kepada siswa agar bertambah keyakinan mereka  untuk bersekolah di madrasah ini”.ungkapnya.

Berkenaan dengan Muatan materi MATSAMA dan alokasi waktu, M, Syukur menjelaskan. “ Untuk MATSAMA Terbatas tahun ini kita berikan materi yang eseinsial berkenaan dengan MAN 1 Agam, seperti Pengetahuan yang berwawasan lingkungan Madrasah, Tata tertib, Pengenalan Jurusan , Adab belajar serta Ekstra kurikuler yang akan dimanfaatkan siswa, kegiatan akan berakhir ba;da Zhuhur” Jelasnya. (Hasnan)