Terima Mahasiswa PPL, Arief Sampaikan Edaran Kementerian Agama Terkait PBM

Terima Mahasiswa PPL, Arief Sampaikan Edaran Kementerian Agama Terkait PBM

Lima Puluh Kota, Humas--Moh. Arief Hidayat, Kepala MTsN 4 Lima Puluh Kota, terima sembilan orang mahasiswa Praktek Pelaksanaan Lapangan (PPL) dari UIN Imam Bonjol Padang, Senin (12/7).

Di terima  di ruang pertemuan Kepala Madrasah, kesembilan mahasiswa dari berbagai jurusan itu dijamu Arief Hidayat dengan menyampaikan Edaran Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota tentang Pelaksanaan Pembelajaran Pada Madrasah Selama Pandemi Covid 19.

“Beberapa hari ke belakang, kasus positif covid 19 di Sumatra Barat meningkat. Terkait hal ini Kementerian Agama telah mengeluarkan Surat Edaran tentang Pelaksanaan Pembelajarn Pada Madrasah Selama Pandemi Covid 19,” jelas Arief.

Keputusan yang di ambil Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota berdasarkan keputusan Bersama Menteri Pendidikan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri  Dalam Negeri Republik Indonesia tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran dimasa pandemi Covid 19.

Keputusan ini menjelaskan bahwa Proses Belajar Mengajar untuk Tahun Pelajaran 2021/2022 dilakukan secara daring mulai tanggal 12 hingga 19 Juli mendatang.

Pada kesempatan yang sama, Arief juga mengucapkan selamat datang dan memberikan wejangan kepada mahasiswa PPL. “Kepada mahasiswa sekalian saya ucapkan selamat datang di MTsN 4 Lima Puluh Kota. Suasana madrasah akan memiliki kesamaan dan perbedaan dengan suasana kampus, tergantung bagaimana sudut pandang mahasiswa  sekalian melihatnya. Namun yang jelas, berpandai-pandailah dalam bersosialisasi dengan seluruh warga madrasah. Laksanakanlah PPL ini dengan sebaik-baiknya,” jelas Arief.

Arief menjelaskan, akan ada kesenjangan dalam pelaksanaan teori dan praktek yang didapat di lapangan. Kemampuan untuk menyesuaikan itu akan menuntut mahasiswa untuk lebih aktif dan kreatif.

“Bagaimana mahasiswa sekalian mempraktekkan teori yang selama ini di dapat di bangku kuliah dengan kondisi di lapangan sangat menuntut kreatifitas mahasiswa sekalian. Tunjukan bahwa kita adalah mahasiswa milenial yang siap dengan segala tantangan dan siap menciptakan hal-hal baru yang positif."

Terakhir, Arief yang didampingi Wakil Kepala Bidang Kurikulum dan Wakil Kepala Bidang Hubungan Masyarakat, mengharapkan kerjasama yang solid antara mahasiswa PPL dengan seluruh pendidik dan tenaga kependidikan MTsN 4 Lima Puluh Kota.

Dari MoU pihak UIN Imam Bonjol Padang dengan MTsN 4 Lima Puluh Kota didapat data, kesembilan mahasiswa yang PPL terdiri dari 1 orang guru Bahasa Inggris, 2 orang Guru IPA, 3 orang guru Bahasa Arab dan 3 orang dari jurusan Manajemen Pendidikan. 3 orang dari jurusan Manajemen Pendidikan akan ditempatkan di kantor Urusan Tata Usaha. (Nina).