Matsama MTsN 2 Agam

Matsama MTsN 2 Agam
Matsama MTsN 2 Agam

Kamang (Inmas)- Senin, 12 Juli 2021 sebanyak 172 siswa baru yang diterima di MTs N 2 Agam mengikuti kegiatan MATSAMA yang dilaksanakan selama tiga hari. Kegiatan MATSAMA diawali dengan upacara pembukaan di lapangan madrasah. Upacara diikuti oleh seluruh siswa baru, OSIM, panitia dan seluruh dewan guru dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (memakai masker dan jaga jarak). Kepala Kaur MTsN 2 Agam Muhammad Asaat, S. Sos mempimpin langsung upacara pembukaan kegiatan MATSAMA Tahun Pelajaran 2021/2022, karena Kepala Madrasah Irma Suryani, S.Ag, MA ada urusan ke Kanwil Kemenag Sumbar. Upacara pembukaan MATSAMA berjalan lancar, khidmat dan cukup meriah. Selama tiga hari ke depan para Peserta Didik Baru akan mengikuti berbagai kegiatan yang bersifat edukatif, dan menyenangkan. Upacara pembukaan diawali dengan sambutan Kepala TU MTsN 2 Agam sekaligus membuka acara MATSAMA.

Di awal sambutannya, Kaur TU, Assaat memberikan selamat dan apresiasi yang tinggi kepada para Peserta Didik Baru, karena telah menjadi siswa yang bias melewati seleksi masuk MTsN 2 Agam, harus banyak bersyukur.  Kemudian, Kaur TU mengajak kepada para Peserta Didik Baru untuk mengingat kembali apa niat dan tujuan masuk ke MTsN 2 Agam. Hal ini dirasa penting karena untuk meneguhkan hati dan memantapkan langkah dalam belajar di MTsN 2 Agam selama tiga tahun ke depan.

Selama belajar di MTsN 2 Agam tiga tahun ke depan, tamak dan rakuslah akan prestasi, hingga siswa angkatan 2021/2022 menjadi lebih baik dari angkatan-angkatan sebelumnya. Belajarlah yang sungguh-sungguh, galilah potensi yang kalian miliki. Ikutilah semua kegiatan MATSAMA ini dengan sebaik mungkin, karena ini sebagai bekal kalian dalam mempersiapkan kegiatan pembelajaran di MTsN 2 Agam. Kalian semua harus berubah, berbeda antara belajar di SD dan di tingkat MTs. Kalian harus lebih dewasa", pesan beliau.

Pada kesempatan terpisah, Waka kesiswaan Agus Salim, S. Pd.I, MA, menyampaikan tujuan diadakan MATSAMA adalah untuk mengenali potensi diri siswa baru dan lingkungan madrasah untuk mendorong siswa bersikap proaktif dalam mengenali seluruh civitas, sehingga kedepanya diharapkan dapat berkarya dan berprestasi akademik dan non akademik. Diharapkan pula dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan prilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja dan semangat gotong royong serta berkarakter.  

Seluruh siswa baru diantar oleh orang tua/Wali siswa di hari pertama acara MATSAMA di MTsN 2 Agam ini karena ada dua pernyataan yang akan di tanda tangani oleh orang tuaatau wali siswa. Yang pertama adalah pernyataan orang tua dan siswa tentang peraturan akademik siswa selama belajar di MTsN 2 Agam dan yang kedua adalah pernyataan dari orang tua untuk mengizinkan anaknya melakukan belajar tatap muka dengan memperhatikan beberapa hal yaitu mematuhi protocol kesehatan selama PBM dan selalu membawa bekal makanan sehingga anak tidak jajan diluar. (MS/Humas)