Empat Guru MAN 2 kota Padang Mengikuti Refreshment dan Penyamaan Persepsi Penguji Ukin PPG 2021

Empat Guru MAN 2 kota Padang Mengikuti Refreshment dan Penyamaan Persepsi Penguji Ukin PPG 2021

Padang, humas -- Sebanyak empat orang tenaga pendidik MAN 2 kota Padang mengikuti refreshment dan penyamaan persepsi penguji Ukin 2021 bagi Mahasiswa pendidikan profesi guru (PPG) tahun 2021.

Ke empat orang guru itu adalah Risda Hanum guru Fiqih, Tismawati guru Qur'an Hadis, Wenny Riantika guru bahasa Arab dan Syahrul guru Fiqih

Refreshment dan penyamaan persepsi penguji uji kinerja (Ukin) uji kompetensi mahasiswa PPG tahun 2021 digelar secara online melalui zoom meetting room dan diikuti oleh 500 lebih orang guru dan dosen dalam lingkup enam LPTK UIN ( UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Imam Bonjol Padang, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, dan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten). Kegiatan dimulai Senin pagi (12/07) jam 7.30 sampai 20.30 WIB  dan hari Selasa 13 Juli 2021.

"Dasar kegiatan ini di selenggarakan adalah surat direktur pendidikan tinggi keagamaan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia No.B-1327/F.1/PP.09.1/2021 tanggal 8 Juli 2021 perihal pemberitahuan refreshment penguji Ukin tahun 2021," kata DR. Sururin panitia kegiatan dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengawali sambutannya.

Lebih lanjut ia menjelaskan berdasarkan surat tersebut LPTK UIN di wajibkan mengadakan kegiatan ini bagi penguji Ukin 2021. " Berhubung karena Pandemi belum berakhir, maka acara dilaksanakan melalui zoom meetting", imbuhnya.

Sururin juga menekankan betapa pentingnya refreshment (penyegaran kembali) dan penyamaan persepsi penguji Ukin mahasiswa PPG bagi guru dan dosen agar tercipta nilai yang objektif dan transparan.

"Refreshment hari ini adalah untuk penyamaan persepsi. Penyamaan persepsi ini penting agar tidak ada penilaian yang sifatnya subjektifitas dan penilaian ini bersifat transparan”, tegas Sururin.

Kegiatan refreshment dan penyamaan persepsi penguji Ukin 2021 bagi Mahasiswa PPG tahun 2021 ini dibuka secara langsung oleh Rektor UIN Syarif Hidayatullah Prof. Amany Lubis. Dalam sambutannya Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini hendaknya bisa memberikan wawasan yang baik bagi guru dan dosen dalam melaksanakan tugas sebagai penguji Ukin tahun 2021.

"Kegiatan ini di harapkan mampu memunculkan ide-ide yang inovatif yang terbaik bagi dunia pendidikan", ungkap Amany Lubis.

Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini juga meminta guru dan dosen penguji Ukin, agar kuat serta berjiwa tangguh dalam menjalankan tugas nantinya " Para penguji tetap bersemangat dan berkreasi dan harus bisa mengalahkan tantangan" tegasnya memberi semangat.

Di tambahkannya lagi, mengingat acara ini sangat penting bagi guru dan dosen dalam menjalankan tugas sebagai penguji Ukin, rektor berharap agar acara ini di ikuti dengan serius sampai selesai.

Salah seorang peserta, Risda Hanum guru fiqih MAN 2 kota Padang mengatakan kegiatan tersebut memberikan banyak manfaat kepada penguji Ukin, utamanya dalam mengupgrade ilmu pengetahuan tentang cara melakukan penilaian.

"Walaupun di lakukan secara zoom meeting, kegiatan ini sangat bermanfaat dalam rangka menambah wawasan, terutama tentang penilaian, karena narasumber yang di hadirkan adalah para profesor yang sangat ahli di bidangnya," ujar Risda Hanum.

Di tempat terpisah kepala MAN 2 Kota Padang Akhri Meinhardi ketika di hubungi mensupport penuh setiap kegiatan yang di ikuti oleh guru, apalagi acara tersebut membawa nama madrasah.

"Keterpilihan empat orang guru MAN 2 kota Padang sebagai penguji Ukin mahasiswa PPG tahun 2021, membanggakan nama madrasah," ucapnya.

Kepala madrasah berharap agar guru-guru tersebut dapat mengikuti refreshment dan penyamaan persepsi penguji Ukin tahun 2021 dengan serius dan sampai selesai.

"Kita berharap kepada guru untuk dapat mengikuti ini dengan baik dan sungguh-sungguh, sehingga materi yang di berikan oleh nara sumber bisa dikuasai", pinta Akhri Meinhardi.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini menampilkan narasumber yang berkompeten di bidangnya serta simulasi cara penilaian Ujian Kinerja (UKIN). Simulasi yang di tampilkan adalah RPP dan video pembelajaran secara daring.

Para peserta dengan seksama menyaksikan sebuah video KBM daring dan RPP mahasiswa yang nantinya akan dinilai. Penilaian harus mengikuti indikator-indikator yang telah dipaparkan sebelumnya agar tujuan dari kegiatan ini tercapai yaitu untuk menyamakan persepsi para penguji. (ArulDp) *rzk