Hadir Pada Rapat PHBI Kakan Kemenag Pessel Sosialisasikan SE Menag Nomor 15 Dan 16 Tahun 2021

Hadir Pada Rapat PHBI Kakan Kemenag Pessel Sosialisasikan SE Menag Nomor 15 Dan 16 Tahun 2021

Painan, Humas-Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) H. Abrar Munanda. Pada Selasa (13/7) menghadiri rapat persiapan dan prosedur pelaksanaan Idul 1442 H/2021, bersama Pemerintah Kabupaten Pessel dan ormas islam setempat.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Plt Asisten 1 Setda Pessel Darmadi, tersebut. Kakan Kemenag, H.Abrar Munanda, menyampaikan Sosialisasi Surat Edaran (SE) Menteri Agama RI Nomor 15 Tahun 2021 tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam melaksanakan Sholat Idul Adha 1442 H mendatang.Selain itu ia juga menyampaikan SE Menteri Agama Nomor 16 Tahun 2021 Tentang petunjuk teknis pelaksanaan malam takbiran dan sholat Idul Adha.

"Dalam kesempatan yang baik ini izinkan kami menyampaikan beberapa point penting yang termuat dalam SE Menteri Agama, Nomor 15 dan SE Nomor 16 Tahun 2021."Ucap Kakan Kemenag Pessel, H. Abrar Munanda.

Dijelaskan H. Abrar Munanda, beberapa poin penting yang terdapat pada SE Menteri Agama tersebut adalah. Pertama, pelaksanaan sholat Idul Adha harus berdasarkan dan memperhatikan zona, apakah zona merah, orange, kuning atau hijau. Kedua, sholat tidak boleh dilapangan. 

Selanjutnya, tidak boleh melakukan takbir keliling.Pelaksanaan sholat di masjid atau di musholla dengan  tetap memperhatikan prokes. Daging Qurban harus diantar langsung ke rumah warga oleh panitia penyembelihan. Serta segenap aturan lainya terkait Idul Adha dan penyemblihan hewan kurban.

"Kita berharap semua komponen bisa bersinergi dalam melaksanakan SE Menteri Agama tersebut. Sehingga upaya kita untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di daerah ini bisa terlaksana dengan baik,"harap H. Abrar Munanda.

Hadir dalam rapat yang berlangsung di ruang Rapat Bupati Pessel tersebut. Plt Asisten 1 Setda, Darmadi, Satgas Covid Pessel, Dalipal, Kadis Peternakan, Efrianto, Kabid Yankes, Vera Kornita.Dari ormas islam terlihat hadir,Ketua MUI Pessel, H. Asli Saan, Ketua PHBI Pessel,H.Asril Zakaria, Perwakilan DMI Pessel, Afrinal dan undangan lainya. (Dodi)