Dorong Kompetensi Guru Di Era Digitalisasi, MAN 1 Agam Gelar Lokakarya Awal TP 2021/2022

Dorong Kompetensi Guru Di Era Digitalisasi, MAN 1 Agam  Gelar Lokakarya Awal TP 2021/2022

Maninjau Humas – Memasuki tahun pelajaran 2021/2022, Madrasah Aliyah Negeri 1 Agam  menggelar  lokakarya  dalam upaya Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik dan Kependidikan. Kegiatan yang bertemakan “ Meningkatkan kualitas serta optimalisasi Kinerja Pendidik dan tenaga Kependidikan di Era Digitalisasi “ ini  dilaksanakan  hari ini Jumat (16/07/2021) di Aula MAN 1 Agam. Muatan materi dalam kegiatan tahunan ini lebih menitik beratkan pada  Penyusunan Perangkat Pembelajaran  serta pemamfaatan  media digitalisasi bagi seluruh tenaga pendidik.

Lokakarya ini  dihadiri sekitar 45 guru, baik tenaga pengajar tetap, honor, dan sejumlah Guru PL dari UIN Imam Bonjol Padang,serta tidak kalah pentingya Turut hadir Kepala Kantor Kemenag Kab. Agam H. Edy Oktafiandi. S.Ag. M.Pd  dan Komite Madrasah.  

Kepala  Madrasah Aliyah Negeri 1 Agam, Azizul hayati, mengatakan dalam Sambutanya kepada seluruh Peserta Lokakarya “  Kegiatan yang kita gelar hari ini merupakan sebagai Agenda tahunan dalam upaya untuk mempersiapkan tenaga pendidik kita untuk menatap PBM di awal semester ini, persiapan itu tidak lepas dari Administrasi pembelajaran, pemanfaatan media sosial terutama  dunia digitalisasi” Jelasnya. Lebih dari itu azizul menambahkan, “ kita berharap dengan kegiatan yang akan berlansung 2 hari ini  akan melahirkan inovasi yang berdampak  positif terhadap  pendidikan di MAN 1 Agam, apalagi saat pembelajaran secara Daring.” Tambahnya.

Selanjutnya H. Edy Oktafiandi dalam sambutanya sekaligus Narasumber dalam lokakarya ini menyebutkan.” Ditengah Pandemi ini, sejatinya mendorong tenaga pendidik untuk dapat mengembangkan potensi diri serta  beradaptasi dengan dunia digitalisasi, agar peserta didik tidak dirugikan dalam menuntut ilmu, hal ini disebabkan kondisi hari ini tidak bisa kita ramalan kapan pandemic ini akan berakhir,”

Disisi lain kepala Kantor Kemenag Kabupaten Agam ini juga menyinggung persoalan Tugas dan Fungsi seluruh tenaga Pendidik dan kependidikan, hal ini dimaksudkan untuk lebih maksimal dan punya tanggung jawab terhadap tugas dan fungsi masing masing, terutama Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian serta Sosial khusus bagi tenaga Pendidik.

Diakhir sambutanya Mantan Ka Sub Bag TU  Kantor  Kemenag agam ini berpesan.
“Mari kembangkan dan manfaatkan kesempatan yang ada dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik, dan sesuaikanlah Proses belajar mengajar dengan Kompetensi siswa dan daya dukung yang ada,  serta kerjasama yang baik  antar Tenaga Pendidik  dan Kependidikan  agar Institusi Madrasah dan lembaga kementerian Agama punya wibawa dan bermartabat” tegasnya.

Di akhir acara pembukaan, Lokakarya Edy Oktafiandi secara simbolis memasangkan tanda peserta Lokakarya, dalam hal ini di wakili oleh Ahmad fuad dan Tantri .(Hasnan)