386 Peserta Didik Baru MTsN 3 Lima Puluh Kota TP. 2021/2022 Ikuti Kegiatan Matsama

386 Peserta Didik Baru MTsN 3 Lima Puluh Kota TP. 2021/2022 Ikuti Kegiatan Matsama
386 Peserta Didik Baru MTsN 3 Lima Puluh Kota TP. 2021/2022 Ikuti Kegiatan Matsama

Dangung-Dangung, Humas--Masa Ta'aruf Siswa Madrasah atau yang lebih dikenal dengan MATSAMA merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan sebuah madrasah di setiap awal tahun pelajaran baru. Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib dilakukan untuk peserta didik baru.

Kegiatan ini bertujuan agar peserta didik baru bisa mengenal lebih jauh madrasah tempat ia akan belajar untuk tiga tahun kedepan, kegiatan berlangsung selama 3 hari atau lebih di minggu awal tahun pelajaran baru. MTsN 3 Lima Puluh Kota untuk Tahun Pelajaran 2021/2022 telah menerima 386 peserta didik baru untuk 10 rombel. 

Pada Senin (12/7) A. Mazhar. A selaku kepala madrasah membuka sekaligus menutup secara resmi kegiatan matsama yang sudah berjalan satu minggu. Kegiatan yang berlangsung di lapangan hijau MTsN 3 Lima Puluh Kota yang di awali dengan upacara bendera. Kegiatan yang sarat akan protokoler kesehatan ini berlangsung dengan khitmat dan didukung dengan cuaca yang begitu cerah.

Dalam amanatnya A. Mazhar. A mengucapkan selamat datang kepada peserta didik baru MTsN 3 Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 2021/2022 semoga bisa meraih prestasi di madrasah kebangaan Lima Puluh Kota ini.

Sebanyak 386 peserta didik baru mengikuti kegiatan matsama yang berlangsung sejak tanggal 12 Juli 2021, namun karena masih dalam susana pandemi covid-19 kegiatan matsama tahun ini dilaksanakan secara terbatas dan berlangsung selama 6 hati dengan pembagian sift. Peserta didik yang kelas 7.1 sampai 7.5 dilaksnakan mulai hari senin sampai rabu, kemudian pesrta didik kelas 7.6 sampai 7.10 dilaksanakan mulai hari kamis sampai hari sabtu.

Kegiatan matsama ini diisi dengan berbagai kegiatan-kegiatan seperti materi materi pengenalan tentang civitas akademika madrasah. Kemudian kegiatan ini juga mengikutsertakan seluruh pengurus OSIM MTsN 3 Lima Puluh Kota yang dibawah binaan Retmi Deswita dan juga jajaran kepanitiaan matsama.

Ditemui diruangannya M. Hasbi sebagai wakil kepala bidang kesiswaan sekaligus ketua matsama menyampaikan bahwa kegiatan matsama tahun ini berlangsung secara tatap muka namun terbatas, kita akan bagi sift dan durasi waktu sesingkat mungkin.

Diharapkan dengan adanya kegiatan matsama ini dapat menjadikan perserta didik baru betul betul mengenal lingkungan madrasah, tidak hanya mengenal teman, guru namun seluruh eleman madrasah dapat dikenali sehingga tercipta kenyaman dan keharmonisan dalam belajar. (Ryan)